Hamil satu bulan konsumsi anti nyeri minuman bersodan dan pil tuntas

DN Info Penanya: DN, Wanita, 2019 Tahun
Dokter saat ini saya sedang hamil 1 bulan lebih. Tetapi saya sudah menkonsumsi beberapa jenis obat pereda sakit kepala bersamaan dengan minuman bersoda. Dan juga beberapa pil tuntas.Efek samping seperti apakah yang akan saya rasakan?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi DN

udis kehamilan 1 bulan sangat rentan untuk mengalami keguguran jika mengkonsumsi sembarangan obat termasuk anti nyeri dan obat pelncar haid. Jika janin tidak gugur dan bertahap dapat meningkatkan resiko kelahiran bayi yang cacat.

Anda harus berhenti mengkonsumsi anti nyeri, menghentikan minum soda dan obat pelancar haid, jika terdapat flek dan darah dari vagina segera berkonsultasi dengan dokter kandungan karena dapat menjadi tanda abortus atau keguguran. Kondisi keguguran sendiri dapat berbahaya dan mengancam janin serta nyawa ibu hamil karena memicu perdarahan hebat.

Saya sarankan anda untuk mengkonsumsi makanan bergizi, multivitamin asam folat dan zat besi agar kehamilan anda terjaga.  Segera lakukan pemeriksaan dengan dr.Sp.OG

Salam sehat

dr.Zulham

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Menstruasi lama bisa disebabkan oleh pemasangan alat KB spiral

Menstruasi Lama? Ini 10 Alasan Penyebabnya, Kanker Salah Satunya!

Menstruasi yang berlangsung lama mungkin hanya merupakan gangguan hormon. Namun, ada 10 kondisi lain yang menyebabkan wanita mengalami menstruasi lama, salah satunya pemasangan alat KB spiral.