Hamil saat haid bisakah ?

RP Info Penanya: RP, Wanita, 31 Tahun
Mau tanya dok, apakah kita bisa hamil pada saat kita dlm masa menstruasi?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Hi RP!

Untuk wanita dapat hamil, perlu adanya proses ovulasi dan konsepsi.

Ovulasi adalah proses ketika ovarium mengeluarkan sel telur. Sel telur ini kemudian bertemu dengan sel sperma dan mengalami pembuahan. Sel telur dapat bertahan sekitar 2 hari sedangkan sel sperma dapat bertahan 3 hingga 5 hari.

Seringkali ketika pasangan melakukan hubungan seksual, wanita akan mengalami perdarahan, sehingga dikira sebagai haid, maka dari itu yang pertama harus lah memastikan bahwa benar haid atau darah akibat hubungan seksual.

Jika siklus haid seorang wanita 28-35 hari, kemungkinan nya adalah YA dan TIDAK. Jika melakukan saat akhir siklus haid, peluang untuk hamil tetap ada walaupun sangat kecil, mengingat sel sperma dapat bertahan hingga 3-5 hari dan masa ovulasi terjadi pada hari ke 11 dan 21.

Sedangkan wanita dengan siklus haid lebih pendek kemungkinan lebih besar, karena proses ovulasi juga akan lebih cepat dibanding wanita dengan siklus haid normal.

Berikut artikel yang dapat dibaca mengenai hamil dimasa menstruasi.

Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Ramadhan Harya

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Berbeda dengan menstruasi, pendarahan implantasi yang merupakan tanda awal kehamilan tidak disertai kram perut

Pendarahan Implantasi: Penyebab, Gejala, dan Cara Mengobatinya

Pendarahan implantasi adalah keluarnya bercak darah kecoklatan dari vagina, yang merupakan tanda awal kehamilan. Kondisi ini muncul 6-12 hari setelah berhubungan intim.