06 Oct 2021, 00:55Kandungan

Minum pil KB saat hamil, apa saja efeknya?

FF
Info Penanya: FF0
dok, sekarang saya hamil 5 bulan dan baru mengetahui baru2 ini. sebelum tau kalau hamil saya sempat pakai pil kb selama 3 bulan. apakah tidak apa2 dok ?
99 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Elsinda Eka Sari
(0)
Selamat pagi, F.Pil KB adalah salah satu jenis kontrasepsi hormonal yang dapat membantu untuk menurunkan peluang terjadinya kehamilan. Walaupun menggunakan pil KB, resiko untuk terjadinya kehamilan pun masih tetap ada. Lalu, bagaimana bila terjadi kehamilan yang tidak diketahui dan masih saja minum pil KB? Apa saja resikonya?

Resiko minum pil KB saat hamil :

  • Menyebabkan konsentrasi asam folat dalam tubuh menurun. Asam folat sangat dibutuhkan pada trimester pertama kehamilan, karena untuk membantu proses pertumbuhan organ janin.
  • Tingginya kandungan vitamin A. Vitamin A yang berlebihan dapat menyebabkan kerusakan pada organ tubuh janin, seperti mata, jantung, telinga dan sistem saraf pusat.
  • Terganggunya keseimbangan hormon
  • Cacat lahir pada bayi. Selain karena faktor lain yang menyebabkan kecacatan, pil KB dapat menjadi salah satu faktor resiko terjadinya kecacatan.
  • Hamil diluar kandungan. Atau dikenal dengan hamil ektopik, biasanya disertai dengan gejala perdarahan dan nyeri perut yang hebat.
Bila sudah terlanjur minum pil KB tersebut, disarankan agar anda segera memeriksakan diri secara langsung ke dokter spesialis kandungan untuk melihat kondisi pertumbuhan janin tersebut. Sekian dan semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Elsinda
hamilpenggunaan kbkontrasepsi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil