30 Aug 2021, 13:27Kandungan

Apakah hubungan setelah haid dapat terjadi kehamilan?

RL
Info Penanya: RL0
Dok ,pas saya menikah saya baru selesai masa haid ,beberapa waktu kemudian saya haid lagi ,setelah selesai haid saya berhubungan lagi bersama suami saya satu Minggu stiap hari ,kemudian suami saya pergi untuk bekerja selama 3 bulan lamanya ,apakah saya bisa hamil dok ?
411 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat siang, RTerima kasih atas pertanyaannya.Kehamilan yaitu proses pembuahan sel telur oleh sperma yang kemudian berlanjut dengan proses perlekatan pada dinding rahim untuk kemudian menjadi tempat janin berkembang.  Potensi kehamilan akan meningkat ketika hubungan intim dilakukan saat masa subur.  Masa subur itu sendiri merupakan perkiraan dimana sel telur dilepaskan oleh ovarium sehingga siap dibuahi.  Perkiraan masa subur wanita dapat berbeda-beda, namun umumnya 10-16 hari dari hari pertama haid.  Jadi jika tidak memakai KB dan setelah haid selesai baru berhubungan maka dapat berpotensi terjadinya kehamilan, apalagi jika tepat di masa subur.  Hal ini dapat dipastikan dengan melakukan pemeriksaan testpack saat terlambat haid lebih dari 10 hari dari batas siklus normal.  Ketika hasil negatif, ulang testpack jeda 7-10 hari dari testpack pertama untuk hasil yang lebih akurat.  

Beberapa cara agar cepat hamil :

  • Lebih sering hubungan terutama saat masa subur. 
  • Perbanyak minum air putih. 
  • Kelola stres dan cemas. 
  • Makan sehat bebas pengawet dan kafein. 
  • Minum asam folat dan vitamin E. 
  • Hindari begadang, merokok, dan alkohol. 
  • Jaga berat badan seimbang.
  • Olahraga teratur. 
Periksa dokter spesialis kandungan jika hasil testpack menunjukkan positif ataupun jika belum hamil lebih dari 1 tahun.  Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
kehamilantes kehamilanmerencanakan kehamilan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil