21 May 2021, 19:59Kandungan

Apakah bisa hamil jika KB tidak teratur?

MS
Info Penanya: MS0
Salm knal dok dari sya.mf dok sya mau tnya.sya udh lma ga suntik kb.dan sya melakukn hubungan badan sblm suntik terus sesudh berhubungan badan jarak 3 hari baru sya suntik apa bsar mungkin sya bisa hamil y dok trimksih sblmnya.
35 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat pagi, MSTerima kasih atas pertanyaannya.Suntik KB adalah jenis kontrasepsi yang cukup umum digunakan dan membutuhkan konsistensi suntik KB teratur sesuai jadwal untuk memastikan efek kerja suntik maksimal dalam mencegah kehamilan.

Penyebab kebobolan pada pengguna suntik KB :

  • Jadwal suntik KB yang tidak teratur dapat menurunkan efek kerja KB sehingga meningkatkan potensi kehamilan.
  • Hubungan intim tanpa pengaman ganda saat 7 hari pertama suntik dapat meningkatkat kehamilan karena suntik KB butuh waktu 5-7 hari untuk bekerja maksimal.
  • Kemungkinan 1-2 % walaupun penggunaan KB teratur karena tidak ada KB yang 100% mencegah kehamilan.
Terkait yang anda tanyakan bila sudah lama tidak suntik maka rahim tidak terlindungi oleh hormonal KB lalu efektivitas KB juga menurun karena penggunaan yang tidak teratur sehingga ketika melakukan hubungan intim ada kemungkinan terjadi kehamilan.  Lalu setelah suntik juga di 7 hari pertama setelah suntik, hormon KB juga belum maksimal sehingga dalam periode waktu ini jika pembuahan terjadi dan sudah terjadi perlekatan di dinding rahim dan berkembang menjadi janin maka suntik KB tidak dapat mencegah kehamilan yang sudah terjadi.  Untuk itu, anda dapat lakukan testpack saat telat haid dan diulang sesaat sebelum suntik KB selanjutnya.  Periksa ke dokter spesialis kandungan bila testpack menunjukkan hasil positif. Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
kehamilanpenggunaan kbkontrasepsi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil