25 Mar 2021, 18:15Kandungan

Apakah normal janin belum terlihat saat USG?

SM
Info Penanya: SM, Wanita, 28 Tahun
Salam dok Saya mau nanya Saya sudah terlambat haid 20hari.pernah tespek 3kali hasilnya positif. Tapi tadi usg kok janin nya gak klihatan ia dok.apa itu normal dok...???
151 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat pagi, SMTerima kasih atas pertanyaanya.Kehamilan itu sendiri terjadi ketika pembuahan sel telur berhasil saat sperma memasuki rahim dan bertemu dengan sel telur.  Saat sel telur ini  terbuahi akan melakukan penempelan pada dinding rahim untuk kemudian memulai perkembangan janin.  Untuk memastikannya memang diperlukan pemeriksaan testpack yang diikuti dengan pemeriksaan USG saat usia kehamilan lebih dari 7 minggu.  Pada pemeriksaan awal ini akan dilakukan pengecekan adanya kantung kehamilan dan janin yang berkembang.  Lalu pemeriksaan USG akan dilanjutkan saat memasuki trimester kedua dan saat mendekati waktu lahiran. Ada kalanya pemeriksaan USG saat awal kehamilan belum menemukan adanya kantung janin.  Pemeriksaan ini dapat terjadi karena beberapa kondisi.

Penyebab janin belum terlihat pada pemeriksaan USG :

  • Pemeriksaan USG terlalu awal atau dini sehingga hormon kehamilan sudah tinggi tetapi pembuahan masih dalam proses sehingga belum menunjukkan adanya kantung dan janin.
  • Kehamilan ektopik dimana sel telur yang terbuahi tidak melekat di rahim sehingga menimbulkan perdarahan dan nyeri.
  • Keguguran,
  • Kehamilan kosong.
Anda tidak perlu khawatir, biasanya akan dilakukan kontrol USG ulang 2-3 minggu tergantung anjuran dokter spesialis kandungan anda.  Tetap penuhi asupan makan sehat, minum vitamin hamil, perbanyak air putih, hindari stres dan cemas, dan rutin periksa kehamilan untuk menjaga kandungan tetap sehat. Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah 
kehamilanpemeriksaan kehamilanusg
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil