10 Mar 2021, 14:12Kandungan

Terlambat haid dan keluar lendir darah, apakah hamil?

D
Info Penanya: D0
Dok.....saya haid terakhir 8 Februari 2021 tapi tgl 7 Maret saya tdk haid. 1.apakah saya hamil 1 bulan dok? 2.beberapa hari keluar lendir darah.apakah ini yg disebut implantasi??? Mohon penjelasannya dokter... terima kasih
155 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat malam, DTerima kasih atas peranyaan AndaTerlambat haid bisa terjadi pada wanita salah satunya karena kehamilan. Selain karena kehamilan terlambat haid bisa dipengaruhi oleh stres, cemas, kelelahan, gangguan homonal, efek samping Kb, atau bahkan karena penyakit pada organ reproduksi. Idealnya siklus haid wanita berkisar 21 hari hingga 35 hari. Keluar lendir dan darah saat terlambat haid dengan adanya riwayat berhubunganseksual salah satunya bisa disebabkan perdarahan implantasi. Perdarahan implantasi adalah perdarahan yang terjadi pada awal kehamilan karena nenempelnya calon janin pada dinding rahim.

Adapun ciri-ciri dari perdarahan implantasi yaitu:

  • Perdarahan hanya berupa flek atau bercak
  • Berwarna merah terang ataupun kecoklatan
  • Tidak ada gumpalan
  • Hanya terjadi beberapa jam saja, paling lama 3 hari tidak lebih
Terkait dengan apa yang terjadi pada Anda, untuk mengetahui pakaah kondisi tersebut merupakan darah impantasi ataukah kondisi lainnya terkait dengan siklus haid Anda dan untuk memastikan apakah Anda hamil atau tidak silakan lakukan tes kehamilan. Jika hasilnya positif, maka kemungkinan keluar darah dan lendir tersebut salah satunya bisa disebabkan karena perdarahan implantasi. Jika HPHT Anda 8 Februari 2021, maka saat ini diperkirakan usia kehamilan berksiar 4 minggu. Lakukan konsultasi dan pemeriksaan ke dokter spesialis kandungan terdekat untuk lebih memastikannya. Pastikan tetap konsumsi makanan ebergizi, hindari kelelahan, atasi stres, jaga kesehatan dan kebersihan area vagina, hindari melakukan aktivitas berat, konsumsi sayur dan buah, minum air cukup dan istirahat cukup.Semoga bermanfaat.
Salam sehat,
 dr. Dwiana A
siklus haidhamilflek darah
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil