22 Jan 2021, 08:26Kandungan

Terlambat haid, apa penyebabnya?

TA
Info Penanya: TA0
Dok, saya telat 1 Minggu tapi saya tespek hasilnya negatif. Saya mual di pagi hari, perut saya terasa keram di bagian kiri dan kanan. Di dada sering sakit kayak sesak napas juga dok. Saya perna alami keguguran waktu usia janin 3 bulan. Sekarang sudah 7 bulan setelah saya keguguran. Saya haid terakhir tgl 15 Desember 2020. Sekarang tgl 22 Januari 2021. Saya tespek 2 kali hasilnya sama masih negatif.
228 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat malam, T.Salah satu penyebab terlambat haid yang umum dialami adalah kehamilan. Biasanya, keterlambatan haid juga disertai dengan gejala-gejala perubahan hormon awal kehamilan lainnya, seperti mual dan muntah pada pagi hari, nyeri payudara, nyeri perut, perubahan emosi, dan lain-lain.Apabila Anda mengalami hal-hal di atas, namun telah melakukan testpack dan hasilnya masih negatif, Anda dapat mencoba mengulanginya hingga 14 hari keterlambatan. Dengan asumsi siklus haid Anda sama dengan mayoritas wanita (28 hari), maka seharusnya Anda haid kembali tanggal 12 Januari 2021. Jadi, Anda dapat melakukan testpack kembali pada tanggal 26 Januari 2021, ya.Apabila nanti masih negatif, berarti keterlambatan haid Anda disebabkan oleh faktor lainnya, seperti:
  • gangguan kecemasan
  • ketidakseimbangan hormon
  • penyakit tiroid
  • kista ovarium
  • penurunan atau kenaikan berat badan drastis
  • konsumsi obat tertentu
  • dan lain sebagainya
Untuk itu, disarankan agar Anda berkonsultasi kepada dokter kandungan guna dilakukan pemeriksaan terkait organ reproduksi Anda. Lalu, Anda dapat sekaligus melakukan konsultasi perencanaan program kehamilan, apabila Anda sudah siap untuk kehamilan kembali setelah keguguran. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
siklus haidtes kehamilanmerencanakan kehamilan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil