16 Nov 2020, 19:20Kandungan

Biasakah Hamil Tapi hasil Test Pack Negatif ?

KC
Info Penanya: KC0
Dok usia anak saya masih 7 bulan, dan sya ikut suntik KB 3 bulanan. Tpi sya menunjukkan tanda2 kehamilam sprti mual2 dan perut sakit sperti ada benjolan, tpi stelah sya tes sampai 5 kali hasilnya negatif, apa sya ini benar2 tidak hamil, atau suntikam KB mempengaruhi hasil tes? Apa mungkin sya hamil wlo hasil tesnya negatif?
481 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Pany
(0)
Selamat Siang KC,Terimakasih atas pertanyaannya.Proses pemulihan setelah melahirkan membutuhkan waktu berbulan-bulan untuk rahim kembali ke ukuran normal. Ibu bisa beraktifitas seperti biasa bahkan berolahraga setelah 2 bulan pasca melahirkan. Namun perlu diwaspadai terjadinya kehamilan dengan jangka waktu yang terlalu dekat dengan kehamilan sebelumnya. Apabila aktif menyusui dan menggunakan alat kontrasepsi (KB) dapat secara efektif mencegah kehamilan.Namun tidak menutup kemungkinan kehamilan dapat terjadi. Apabila terdapat tanda-tanda kehamilan, langkah pertama yang biasanya dapat dilakukan adalah pemeriksaan mandiri dengan test pack.Test pack merupakan alat indikator kehamilan yang cukup efektivitasnya cukup tinggi mencapai 99% dan mudah digunakan hanya dengan urin. Hormon yang terbaca pada test pack adalah hormon HCG (human chorionic gonadotropin) yang akan meningkat 2x lipat pada saat terjadi kehamilan. Test pack dapat diulang tiap 3 hari, namun lebih baik diulang setelah 1 minggu dan menggunakan test pack yang berbeda merek karena sensitivitasnya berbeda-beda.

Test Pack Negatif

Apabila ditemukan test pack negatif namun terdapat tanda-tanda kehamilan, kemungkinan-kemungkinan ini bisa terjadi:
  • Penggunaan test pack yang tidak sesuai petunjuk
  • Test pack yang kadaluarsa
  • Melakukan Test pack terlalu dini
  • Mengulang test pack terlalu cepat
  • Sensitivitas test pack yang rendah
  • Air seni terlalu encer karena banyak minum
  • Sedang mengkonsumsi obat tertentu
  • Tidak terjadi kehamilan
Apapun hasil dari test pack ada baiknya dikonsultasikan ke dokter spesialis kandungan untuk memastikan kehamilan yang terjadi dan untuk memastikan kesehatan rahim serta janin dengan melakukan beberapa pemeriksaan yang diperlukan seperti USG.Semoga bermanfaat. Salam sehat,dr. Pany CL
penggunaan kbmasalah kehamilancara menggunakan test pack
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil