04 Nov 2020, 14:04Kandungan

Apakah bisa hamil setelah berhubungan seksual?

SW
Info Penanya: SW0
Dok , Saya kan pengantin baru. Baru menikah bulan 8 okt(hari pertama pernikahan -5 hari pernikahan, saya dalam masa haid) Dan setelah haid saya selesai, kami melakukan hubungan suami istri, Itu bisa hamil nggak dok? Dan rencana hari ini mau KB (4Nov),, itu bisa hamil gak dok?
736 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat siang SW,Jika melakukan hubungan seksual setelah menstruasi dan tidak menggunakan KB maka kemungkinan hamil bisa terjadi. Jika akan menggunakan KB sebaiknya dipastikan dulu apakah hamil atau tidak. Anda bisa memperhatikan dulu apakah bulan ini kembali haid sesuai jadwal, jika terlambat haid bisa dilakukan pemeriksaan kehamilan dengan testpack untuk mengetahui apakah hamil atau tidak.Jika sudah dipastikan tidak hamil, baru gunakan alat KB. Pilih metode KB yang sesuai dengan rencana Anda untuk merencanakan kehamilan. Beberapa alat KB yang bisa dipilih diantaranya:Jika menunda dalam jangka pendek bisa gunakan:
  • Pil KB
  • Kondom
Jika menunda dalam jangka yang lebih panjang bisa gunakan:
  • KB implan atau KB suntik
  • KB suntik bisa suntik KB 1 bulan atau suntik KB 3 bulan
  • Alat kontrasepsi dalam rahim atau IUD atau KB spiral
Perhatikan juga kelebihan dan kekurangan dari masing-masing alat kontrasepsi dan juga efek samping yang bisa terjadi agar disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan Anda. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
kehamilanpenggunaan kbmerencanakan kehamilankontrasepsi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil