Apa bisa hamil kalau penetrasi di anus?

DQ Info Penanya: DQ
Dok saya pertama Kali berhubungan seks kemarin tgl 8 september. Dan saya melakukan di lubang anus tidak di miss V. Apakah Ada kemungkinan saya Hamil dok, walaupun pasangan saya ejakulasi di luar? Saya biasanya haid tanggal belasan dok, sampai sekarang saya belum Ada tanda tanda akan haid. Apakah saya masih perawan? Mohon pencerahan dok. Terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi DQ,

Anal sex adalah aktivitas seksual yang dilakukan dengan cara penetrasi penis ke dalam anus. Hal ini tentunya dari segi medis tidak dianjurkan karena bisa meningkatkan risiko infeksi serta timbulnya wasir. Namun aktivitas ini sering dilakukan untuk variasi ketika berhubungan seksual atau ketika seseorang belum siap hamil, dll.

Perlu Anda ketahui bahwa kehamilan terjadi bila sperma bertemu dengan sel telur, sedangkan sel telur letaknya ada di dalam rahim, sehingga bila Anda berhubungan seksual dan penetrasi dilakukan di anus, maka tentu saja tidak mungkin hamil karena tidak ada sel telur di dalam anus atau usus.

Perihal Anda yang terlambat haid bisa saja karena faktor kecemasan atau takut hamil sehingga mempengaruhi keseimbangan hormon yang ada di dalam tubuh. Selain itu juga bisa disebabkan oleh faktor kelelahan.

Perihal perawan atau tidak tergantung anggapan masing-masing individu. Ada 2 anggapan yang berbeda yakni:

  • Dikatakan masih perawan selama selaput dara belum robek, sehingga aktivitas anal sex masih dianggap wajar saja selama selaput dara tidak robek.
  • Dianggap sudah tidak perawan bila selaput dara sudah robek meski belum berhubungan seksual. Padahal selaput dara ini bisa robek misal ketika terjatuh atau kecelakaan.

Jadi perihal perawan atau tidak tergantung Anda menganut pemikiran yang mana. Namun sebaiknya bila belum menikah seharusnya tidak melakukan aktivitas seksual seperti petting atau anal sex agar tidak menyesal di kemudian hari. Lakukan pola hidup sehat banyak makan sayur dan jangan bergadang agar siklus haid kembali lancar dan periksa ke dokter kandungan bila sampai 3 bulan belum haid samasekali.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Dampak pergaulan bebas sangat berbahaya, terutama bagi wanita

Inilah Dampak Pergaulan Bebas yang Perlu Diwaspadai

Dampak pergaulan bebas sangat mengerikan, mulai dari terkena penyakit menular seksual hingga mengalami hamil di usia dini. Apa yang perlu orangtua lakukan untuk mencegahnya?