Hamil atau nggak ya?

OH Info Penanya: OH, Wanita, 28 Tahun
Halo dok, saya trkhir haid 6juli lalu, lalu tgl 12 mngalami flek.. Besoknya saya testpack 2 hari berturut2 hasilnya 2 garis walau 1garis masih samar. Tapi hari ini saya mngalami kram trus kluar darah kaya haid. Itu saya hamil atau gak sih dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang OH,

Keluar bercak darah sedikit atau flek seringkali dikaitan dengan tanda awal kehamilan. Hal tersebut ada benarnya, namun tidak sepenuhnya benar. Karena banyak penyebab lain yang bisa menimbulkan flek meski tidak sedang hamil.

Penyebab flek setelah menstruasi:

  • Iritasi serviks.
  • Polip serviks.
  • Mioma uteri.
  • Polip rahim.
  • Perdarahan uterus disfungsional.
  • Sisa menstruasi yang belum tuntas.

Bila Anda curiga sedang hamil, maka memang benar harus melakukan tes pack untuk memastikannya. Namun tes pack dikatakan cukup akurat bila dilakukan setelah 1 minggu terlambat haid. Sehingga tes pack yang Anda lakukan sepertinya hasilnya tidak akurat karena dilakukan terlalu cepat.

Bila Anda dianggap mulai haid tanggal 1 Agustus hingga 6 Agustus, dan tanggal 12 Agustus muncul flek, maka kemungkinan besar darah tersebut bukanlah darah implantasi, karena darah implantasi bisa muncul pada hari ke 6-12 setelah berhubungan seksual. Dan tentunya Anda perlu berhubungan seksual saat masa subur agar bisa terjadi kehamilan. Bila Anda haid tanggal 1 Agustus, maka perkiraan masa subur Anda ada di tanggal 13-17 Agustus bila siklus haidnya 28 hari sekali. Jadi tidak mungkin muncul darah implantasi di tanggal 12 Agustus. Sehingga flek Anda bisa disebabkan oleh hal-hal lainnya.

Sebaiknya jalankan pola hidup sehat, banyak makan sayur dan buah, rutin olahraga serta cukup tidur. Bila sering muncul flek di luar siklus haid, maka sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan ke dokter kandungan untu memastikan apa penyebabnya.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kulit berjerawat adalah mitos hamil anak perempuan

Ciri-ciri Hamil Anak Perempuan yang Sebenarnya Cuma Mitos

Katanya ibu hamil yang suka uring-uringan berarti ciri-ciri sedang mengandung bayi perempuan, padahal ini mitos. Jenis kelamin hanya bisa dilihat lewat USG.