Apakah berhubungan kemudian menstruasi dapat menyebabkan hamil?

M1 Info Penanya: M1, Wanita, 1 Tahun
Slamat mlm dokDok pada tgl 5 juli saya baru selasai haid lalu pada tgl 8 juli saya berhubungan intim dok tapi di keluarkan di luar terus pada tgl 25 juli saya menstruasi dok,apakah itu bisa hamil dok ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore M,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Kehamilan pada prinsipnya terjadi ketika terjadi pembuahan di dalam rahim saat sel telur bertemu dengan sperma. Sel telur tidak keluar pada setiap harinya. Sel telur akan keluar pada masa ovulasi saat masa subur pada setiap bulannya. Jika pada sel telur keluar dan ada sperma yang masuk, maka kehamilan bisa terjadi.

Berdasarkan keterangan yang Anda berikan, Anda berhubungan kemudian terjadi menstruasi, menunjukkan bahwa tidak adanya sel telur yang di buahi sehingga sel telur luruh dan terjadilah menstruasi. Apalagi jika ejakulasi di laakukan di luar vagina, peluang untuk bertemu sel telur dan sperma akan lebih rendah.

Jika Anda dan pasangan memang belum berencana untuk hamil, sebaiknya gunakan alat kontrasepsi seperti pil KB, sunti KB, IUD atau kondom untuk mencegah terjadinya kehamilan. Jika Anda membutuhkan informasi lebih lanjut terkait alat kontrasepsi yang cocok untuk Anda dan pasangan, Anda dapat menghubungi dokter kandungan. Selalu jaga kesehatan dengan pola hidup sehat, makan makanan bergizi, cukupi kebutuhan air putih, olahraga teratur, hindari rokok dan alkohol.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Jantung janin akan dicek oleh dokter perinatologi di tiap pemeriksaan prenatal

Kunjungi Dokter Perinatologi untuk Masalah Kehamilan Berisiko Tinggi

Dokter perinatologi khusus menangani kehamilan berisiko tinggi. Selain merawat calon ibu yang mengalami gangguan kesehatan, ia juga bertugas menjaga bayi baru lahir yang mengalami masalah medis.