Hamil disertai perdarahan dan keluar gumpalan

SU Info Penanya: SU
Dok saya hamil 2 bulan setelah minum cytotek saya pendarahan dan keluar gumpalan selama 1 hari dan d hari berikutnya hara bercak kecoklatan selama 1 Minggu tp setelah itu saya tespeck hasilnya masih positif partanyaan nya apakah saya masih hamil atau tidak dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi T,

Obat yang Anda gunakan adalah obat yang perlu digunakan dibawah pengawasan dokter dan diberikan atas indikasi setelah dilakukan pemeriksaan oleh dokter. Karena jika tidak bisa terjadi efek samping dari ringan sampai berat yang bisa membahayakan diri Anda.

Efek samping yang bisa terjadi diantaranya:

  • Masalah pencernaan
  • Mual dan muntah
  • Nyeri perut
  • Diare
  • Timbul kemerahan di kulit
  • Sakit kepala
  • Perdarahan dari vagina
  • Lemas

Jika terjadi perdarahan perlu segera memeriksakan diri pada dokter spesialis kandungan dan kebidanan untuk memastikan kondisinya. Nantinya akan dilakukan pemeriksaan USG untuk menilai kondisi kehamilan Anda.

Untuk testpack sendiri akan tetap positif walaupun terjadi keguguran karena hormon kehamilan masih akan menetap sampai beberapa waktu. Kadar hormon kehamilan ini bisa menetap sampai selesai nifas atau sekitar 4-6 minggu setelah terjadi keguguran ataupun melahirkan.

Apabila tanpa indikasi dari pemeriksaan dokter, tindakan atau upaya pengguguran atau aborsi adalah merupakan suatu pelanggaran hukum yang memiliki ancaman hukuman sesuai undang-undang yang berlaku. Tindakan abortus sendiri bisa berisiko terjadi perdarahan hebat sampai bisa kekurangan darah, risiko infeksi, nyeri hebat, aborsi yang gagal dan kehamilan tetap berlanjut dan bahaya lain yang bisa menyebabkan kerusakan pada rahim, serviks ataupun organ reproduksi lainnya. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh SU
04 Jul 2020, 13:26
Dok saya hamil 2 bln setelah saya minum cytotek saya keluar darah dan gumpalan darah tp cuma 1 hari dan d hari berikutnya gaya darah kecoklatan selama 1 Minggu setelah itu saya tespeck tp masih positif dok apakah saya masih hamil apa sudah keguguran fok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
06 Jul 2020, 17:00
Selamat sore SU.
Seperti pada pejelasan diatas, untuk memastikan keadaan yang Anda alami saat ini diperlukan pemeriksaan USG oleh dokter ahli yakni dokter Spesialis Kandungan untuk memeriksa kondisi rahim Anda secara langsung. Serta kami ingatkan sekali lagi bahwa tindakan atau upaya pengguran kandungan tanpa adanya indikasi medis dapat melanggar hukum dan membahayakan kesehatan Anda sendiri.
Salam sehat
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kandungan lemah dapat menyebabkan kelahiran prematur hingga keguguran

Memahami Kandungan Lemah, Pemicu Keguguran Hingga Kelahiran Prematur

Kandungan lemah adalah penyebab utama sering terjadinya kelahiran prematur hingga keguguran. Cegah Hal ini dengan berkonsultasi secara berkala dan makanan bernutrisi.