Apa bisa hamil bila berhubungan seksual sebelum haid?

SU Info Penanya: SU, Wanita, 1 Tahun
Dok saya mau bertanya kalo saat berhubungan intim tapi saya blm haid bulam ini apakah bisa hamil?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang SU,

Masa subur adalah masa di mana sel telur dilepaskan dan siap dibuahi oleh sperma, sehingga bila Anda dan pasangan berhubungan seksual di masa subur ini maka besar kemungkinan terjadinya kehamilan, terlebih bila Anda tidak menggunakan KB atau kondom.

Kemudian kapan masa subur seorang wanita? Masa subur idealnya sekitar 2 minggu setelah HPHT (Hari Pertama Haid Terakhir), hal tersebut dengan anggapan Anda memiliki siklus haid 28 hari. Jadi sebagai contoh bila Anda haid di tanggal 1-6 Juni, maka masa subur Anda ada di rentang tanggal 13-17 Juni.

Bila siklus haid Anda tidak teratur, maka masa subur juga ditandai dengan keputihan yang berwarna putih bening, encer, tidak gatal dan tidak bau, payudara lebih sensitif atau nyeri bila disentuh, dan adanya perubahan suhu tubuh sedikit lebih tinggi.

Sebaiknya bila Anda belum siap hamil maka sebaiknya gunakan KB atau kondom. Namun bila Anda tidak menggunakan alat kontrasepsi apapun, aktif berhubungan seksual, dan terjadi terlambat haid, maka Anda perlu melakukan tes pack setelah 1 minggu terlambat haid. Hindari melakukan tes pack terlalu cepat karena hasilnya kurang akurat dan akan membingungkan.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cara mengatasi haid tidak lancar dengan olahraga

Mengenal Faktor Risiko dan Cara Mengatasi Haid Tidak Lancar

Cara mengatasi haid tidak lancar wajib diketahui oleh para wanita. Selain olahraga teratur dan mengonsumsi kayu manis, vitamin D juga diketahui dapat melancarkan haid.