Peluang kehamilan jika berhubungan 10 hari sebelum haid

SU Info Penanya: SU, Pria, 1 Tahun
Dok kalo berhubungan badan 10 hari sebelum haid apakah peluang hamil lebih besar atau kecil?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, SU.

Peluang kehamilan adalah hal yang menjadi pertimbangan pasangan dalam melakukan hubungan intim. Pasangan yang menginginkan kehamilan akan melakukan hubungan intim saat masa subur, dimana peluang kehamilan terjadi cukup besar. Sedangkan pasangan yang memutuskan untuk menunda, lebih memilih melakukan hubungan intim di luar masa subur, ketika peluang kehamilan sangat kecil.

Masa subur adalah rentang waktu dimana sel telur siap untuk dibuahi, yang berlangsung lima hari sebelum ovulasi dan sampai ovulasi terjadi. Ovulasi adalah puncak masa subur, yang terjadi empat belas hari sebelum haid selanjutnya.

Terkait pertanyaan Anda, jika Anda berhubungan badan 10 hari sebelum haid, maka kemungkinan besar ovulasi sudah terjadi dan kemungkinan kehamilan cukup kecil. Tetapi, pastikan siklus haid Anda teratur. Jika siklus haid Anda tidak teratur dan mundur empat hari, maka peluangnya akan berubah menjadi sangat besar.

Agar lebih pasti, Anda dapat menggunakan aplikasi pencatat jadwal haid di telepon genggam, atau mencatat secara manual. Dengan mengetahui tanggal-tanggal haid Anda, masa subur akan dapat diprediksi dengan lebih mudah. Untuk lebih jelasnya, Anda dapat membaca informasi pada tautan ini.

Jika ingin mengetahui informasi lebih lanjut, silakan berkonsultasi ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan ya. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Rasa hangat pada air hangat dapat membuat tubuh rileks dan mengurangi nyeri haid yang dirasakan

Nyeri Haid Terasa Mengganggu? Begini Cara Menanganinya

Sebagian besar wanita mengalami nyeri haid sebelum dan saat periode menstruasi. Beberapa cara ampuh menangani nyeri haid tak tertahankan, antara lain berolahraga ringan.