Apa bisa hamil bila pakai kondom?

EK Info Penanya: EK
dok, saya mau tanya. jika pd saat melakukan hubungan seks penis sudah memakai pengaman kemudian masuk ke dalam vagina apakah akan terjadi hamil dok? penis mengeluarkan sperma nya diluar
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi EK,

Kondom adalah salah satu metode kontrasepsi yang sangat praktis digunakan karena hanya perlu dipakai ketika berhubungan seksual dan bisa mencegah penularan infeksi menular seksual.

Namun sama halnya dengan metode kontrasepsi yang lain, tidak ada jaminan 100% dapat mencegah kehamilan. Tetap ada 1-3% kemungkinan untuk terjadinya kegagalan dan terjadi kehamilan, misal kondom bocor atau robek, kondom terlambat dipakai, kondom terlepas di dalam vagina sehingga sperma masuk ke dalam vagina, dll.

Kemungkinan terjadinya kehamilan semakin kecil bila:

  • Anda atau pasangan sudah menggunakan kondom atau KB.
  • Ejakulasi dilakukan di luar vagina.
  • Berhubungan seksual di luar masa subur wanita. Anda bisa menentukan masa subur Anda bila siklus haid Anda teratur. Atau gunakan ciri-ciri yang muncul pada tubuh seperti keluar keputihan bening encer, payudara terasa lebih sensitif dan nyeri bila disentuh, perubahan emosional, perut terasa kembung, atau adanya nyeri di perut bagian bawah. Anda juga bisa menggunakan aplikasi yang ada di HP untuk memudahkan Anda mengetahui perkiraan masa subur Anda.

Berdasarkan cerita Anda maka kemungkinan terjadinya kehamilan kecil, namun bila Anda terlambat haid, maka tetap perlu tes pack untuk memastikan sedang hamil atau tidak. Lakukan tes pack bila sudah 1 minggu terlambat haid.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ada berbagai gerakan senam hamil di rumah yang bisa Anda lakukan

Bugarkan Tubuh dengan 7 Gerakan Senam Hamil di Rumah yang Mudah Ini

Senam hamil di rumah bisa menjadi pilihan bila Anda tak ingin mengeluarkan keringat berlebihan. Dari berbagai gerakan senam hamil, ada beberapa gerakan yang dapat meningkatkan kelenturan maupun kekuatan tubuh para calon ibu.