05 Jun 2020, 08:37Kandungan

Telat mens, test pack positif, dibawa ke bidan diminta tunggu 2 minggu

GA
Info Penanya: GA, Wanita, 1 Tahun
assalammu`allaikum dok...sya dah telat MENS 1 minggu. q taspec positif hmil . trus q bwa ke bidan katay sruh nunggu 2 minggu lgi.. bs klihatan hmil atw g... mnurut dokter tu gmn...
22963 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Rahmita Dewi
(0)
Selamat malam, GA.Telat menstruasi adalah salah satu tanda kehamilan yang biasanya paling awal disadari. Kendati bukan merupakan tanda yang mutlak karena dapat disebabkan oleh faktor lainnya, telat menstruasi menjadi tanda utama kehamilan karena umummya tanda-tanda kehamilan yang lain baru muncul setelah usia kehamilan memasuki minggu-minggu yang lebih lanjut.

Adapun tanda-tanda awal kehamilan lainnya yang meliputi :

  • morning sickness, sensasi mual dan muntah yang umumnya dirasakan pagi hari
  • terjadinya perubahan pada payudara
  • munculnya keluhan kram perut disertai bercak darah atau flek
  • timbulnya keputihan
Mengenai pertanyaan Anda, pada dasarnya berhubungan dengan perkiraan usia kehamilan Anda yang biasanya dihitung melalui hari pertama haid terakhir Anda (HPHT). Apabila usia kehamilan Anda masih terlalu dini maka umumnya perkembangan kehamilan memang dapat belum terlihat, sehingga dibutuhkan beberapa saat khususnya hitungan minggu untuk memberikan waktu pada rahim dan janin berkembang secara signifikan. Pada pemeriksaan USG, kantong kehamilan pun umumnya baru dapat dilihat perkembangannya pada usia kehamilan diatas 4 minggu atau lebih dan hal ini dapat berbeda-beda pada setiap kehamilan.Maka ada baiknya Anda untuk mengikuti saran bidan untuk menunggu 2 minggu atau lebih sebelum melakukan pemeriksaan lebih lanjut. Anda dapat memeriksakan diri secara langsung pada dokter Spesialis Kandungan untuk keterangan dan pemeriksaan yang lebih menyeluruh. Sejak saat ini, mulailah untuk menjaga pola makan dengan menghindari makanan mentah dan mengonsumsi vitamin asam folat setiap harinya.
Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ.
 
Salam sehat,
 
dr. Rahmita Dewi
perkembangan janinkehamilanpemeriksaan kehamilan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil