Baru 2 kali berhubungan, mengapa bisa hamil?

EM Info Penanya: EM, Wanita, 22 Tahun
selamat pagi dokter, saya mau bertanya saya kan haid tidak teratur setiap bulannya dan saya ingat saya haid pertama tanggal 30 maret dan bersih tanggal 6 april dan saya melakukan hb itu tgl 25 april setelah tgl 18 mei saya tespek saya hamil dok ? apakah itu wajar ? karena menurut saya kan itu tanggal tua dok. apalgi saya dan suami baru 2 kali berhubungan apakah saya terlalu subur ? atau bagaimana mohon penjelasan nyq dokter terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, EM

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Siklus haid normal adalah 21 - 35 hari, cara menghitungnya dimulai dengan hari pertama menstruasi terakhir sampai hari pertama menstruasi di siklus (bulan) berikutnya. Rata-rata wanita mempunyai siklus 28 hari. Bila siklus 28 hari, maka masa subur biasanya terjadi sekitar 14 hari sebelum menstruasi pada bulan berikutnya.

Beberapa hal yang dapat mempengaruhi siklus menstruasi yaitu:

Untuk mendukung terjadinya proses kehamilan, selain dilakukan dimasa subur juga diperlukan ejakulasi di dalam organ reproduksi wanita. Hal ini bertujuan untuk memudahkan sel telur wanita bertemu dengan sel sperma dari pria. Selain kesuburan dari wanita mempengaruhi, kualitas seprma juga sangat berpenharuh dalam terjadinya kehamilan. 

Terkait dengan keluhan yang Anda rasakan, harus dipastikan maksud anda tidak teratur apakah tidak teratur siklusnya atau tidak teratur tanggalnya. Karena tanggal yang selalu berbeda bukan berarti siklus haid anda tidak teratur. Jika memang siklus tidak teratur, maka untuk menentukan masa subur memang sedikit sulit, harus dilihat siklus selama 6 bulan kebelakang. Bila ejakulasi dilakukan didalam organ kewanitaan, dan tanpa menggunakan alat kontrasepsi maka kemugkinan untuk terjadinya kehamilan bisa saja terjadi walau hanya dengan 1x berhubungan.

Tetap mengonsumsi makanan bergizi, cukupi kebutuahn cairan, hindari kelelahan dan stres. Periksakan diri Anda ke dokter spesialis kandungan untuk dilakukan USG kehamilan.

Semoga bermanfaat.

Salam sehat.

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Proses pembentukan sel telur atau oogenesis terjadi di dalam kelenjar reproduksi

Proses Pembentukan Sel Telur, Apa yang Terjadi Jika Tidak Dibuahi?

Proses pembentukan sel telur atau oogenesis terjadi di dalam kelenjar reproduksi. Setelah proses pembentukan sel telur tuntas dan memasuki masa ovulasi, pembuahan bisa terjadi.