Testpack dua garis samar, apakah saya hamil?

LD Info Penanya: LD, Wanita, 22 Tahun
Dok saya baru nikah di tgl 15maret dan saya suci dari masa haid tgl 21 sudah melakukan hubungan badan dan sampai saat ini belum menstruasi sudah 29 hari kata dukun bayi positif pas saya tescpack satu garis merah dan remang remang mau tanda merah kedua.Saya bimbang apa saya benar hamil atau tidak ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi LD,

terima kasih atas pertanyaan Anda.

Siklus menstruasi dapat dihitung mulai dari hari pertama anda menstruasi sampai dengan hari pertama menstruasi pada bulan berikutnya. Siklus menstruasi dikatakan normal pada 21-35 hari, rata-rata orang mengalami siklus 28 hari. Jika siklus menstruasi Anda teratur setiap bulannya, masa subur biasanya terjadi sekitar 14 hari sebelum menstruasi bulan berikutnya. 

Terlambat menstruasi bisa disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya adalah kehamilan, adanya gangguan hormonal, stres, kelelahan, status gizi seseorang (terlalu kurus atau terlalu gemuk), efek dari penggunaan kontrasepsi, dan gangguan organ reproduksi. Kehamilan dapat dipastikan dengan cara melakukan test kehamilan dan pemeriksaan USG

Beberapa tanda tidak pasti pada kehamilan adalah sebagai berikut:

Terkait dengan pertanyaan yang Anda sampaikan, jika hasil test kehamilan samar-samar, Anda dapat mengulang kembali dengan jeda 1- 2 minggu kemudian. Jika hasilnya masih meragukan setelah diulang, Anda bisa melakukan kunjungan ke dokter spesialis kandungan untuk dilakukan pemeriksaan USG kehamilan.

Jika Anda benar hamil, pastikan Anda mengkonsumsi makanan bergizi, hindari aktivitas fisik yang berlebih, lakukan olahraga ringan agar tubuh tetap bugar, istirahat cukup, serta cukupi kebutuhan cairan setiap hari. 

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh LD
20 Apr 2020, 15:04
Terimakasih dokter yang terhormat apakah ketika hamil ada anjuran tidak boleh makan udang ? Atau sejenisnya seperti krupuk udan atau sup yang di campur udang tp udangnya sendiri tidak kita makan apakah tidak ada gangguan ?
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Hamil tapi haid tidak mungkin terjadi

Hamil tapi Haid, Mungkinkah Terjadi?

Ada sebagian orang yang merasa dirinya mengalami haid saat hamil. Ketika hamil, vagina memang dapat mengeluarkan darah dari vagina. Namun, hamil tapi haid itu sebenarnya tidak mungkin terjadi.