13 Feb 2021, 12:30Kandungan

hamil pasca kuret apakah tidak apa-apa?

AH
Info Penanya: AH0
dok, saya kuret pada tgl 23 januari 2021 diusia kehamilan 8 week, lalu sy kontrol lagi tgl 31 januari 2021, dkter bilang msih ada sisa kantung , pd hal wktu kuret kantung sdh dikeluarkan, lalu sy diksih obat & pulang, smpai di rumh perut sy tb2 kram dan skit, lalu sy di bw lagi ke RS yg brbeda, di sna sy di priksa dkter kandungan , katanya kantung janin sy bagus usianya sekitar 7 week, krena keluar flek terus, sy lalu diksih obt & vit. lalu smpai skrg msih kluar flek ap tdk apa2 dok dg khamilan
376 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat siang AH,Kuret adalah tindakan untuk menghilangkan sisa jaringan dari rahim terutama jika terjadi beberapa masalah seperti misalnya keguguran, polip ataupun masalah pada dinding rahim lainnya. Jika sebelumnya dilakukan kuret tetapi berikutnya masih ada kantung janin atau sisa jaringan dan masih terjadi perdarahan kemungkinannya bisa beragam seperti:
  • Missed abortion atau adanya kantung tanpa terbentuknya janin atau telah meninggal
  • Adanya kehamilan yang berbeda kantung atau bisa kehamilan kembar
  • Masih adanya sisa jaringan dari tindakan kuret sebelumnya
Untuk memastikannya, perlu dilakukan pemeriksaan ulang dalam 2 minggu. Nantinya akan dilakukan pemeriksaan ulang apakah benar yang ditemukan pada pemeriksaan USG adalah kantung janin ataupun kondisi lain seperti misalnya kista atau polip di rahim. Ada baiknya juga meminta opini kedua dari dokter spesialis kandungan lain mengenai kondisi yang Anda alami atau bisa meminta resume medis dari rumah sakit yang melakukan kuret di tgl 23 Januari untuk menjadi pertimbangan pemeriksaan dokter berikutnya.

Pemeriksaan lain selain USG

Nantinya juga bisa dilakukan pemeriksaan kadar hormon kehamilan secara kuantitatif untuk melihat ada penurunan atau tidak, dimana jika sudah dikuret maka hormon kehamilan akan menurun, sedangkan jika masih hamil maka hormon kehamilan akan meningkat. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
kehamilankegugurankuretase
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil