11 Oct 2020, 18:06Kandungan

Kuret, apa saja efek samping dan komplikasinya?

NF
Info Penanya: NF0
Assalamu'alaikum dok. saat hamil 4 minggu mengalami pendarahan ringan dan flek. Dan setelah dicek oleh dokter tidak terliha adanya kantong janin, sehingga dokter manyarankan untuk kuret. Seminggu kemudian saya kontrol dengan dokter yang berbeda, namun setelah dicek masih ada kantong janin yg bagus dan ditespack msh positif. Dokter manyarankan untuk diperiksa 2 minggu lagi untuk melihat perkembangan janin. Namun saya masih mengalami flek seperti lendir merah kecoklatan pasca kuret, bagaimana?
889 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat pagi, NTerima kasih atas pertanyaan AndaKuret adalah suatu tindakan berupa mengangkat sisa jaringan dalam rahim yang dilakukan dengan tujuan membersihkan rahim setelah keguguran, biopsi ataupun penanganaan pada keadaan tertentu. Kuret dilakukan oleh dokter spesialis kandungan, yang diawali dengan proses dilatasi (pembukaan) mulut rahim. 

Efek samping dari kuret adalah:

  • Efek samping dari pemberian obat bius, seperti pusing, mual dan lain sebagainya
  • Keluarnya flek (bercak darah) setelah dilakukan kuret
  • Nyeri perut bawah atau area sekitar panggul
Beberapa efek samping yang timbul tersebut akan membaik dalam beberapa hari. Namun, pada kondisi tertentu, kuret juga bisa menyebabkan risiko komplikasi. Adapun beberapa komplikasi yang tersebut diantaranya adalah:
  • Perdarahan berlebih
  • Adanya luka pada mulut rahim
  • Infeksi pada rahim
  • Tumbuh jaringan parut pada dinding rahim
  • Adanya luka atau cedera pada dinding rahim, leher rahim
Terkait dengan pertanyaan Anda, hasil positif dari tes kehamilan ditentukan dari adanya kadar hormon HCG pada urin atau pada darah saat dilakukan pemeriksaan test kehamilan. Jika dokter spesialis kandungan menyarankan untuk melakukan USG kehamilan kembali, lakukanlah kontrol kembali ke dokter spesialis kandungan dengan jeda 2 minggu kemudian atau sesuai jadwal yang diberikan oleh dokter.Apabila saat ini Anda mengeluarkan lendir darah, alangkah baiknya lakukan bed rest (istirahta tirah baring), hindari stres dan kecemasan, istirahat cukup dan jaga kebersihan area kewanitaan. Namun, bila keluhan tersebut disertai dengan demam, nyeri hebat pada area perut bawah, keluarnya gumpalan darah dari vagina, atau adanya keputihan berbau segera lakukan pemeriksaan ke dokter spesialis kandungan terdekat.Semoga bermanfaat. Salam sehat, dr. Dwiana A 
hamilkuretaseflek kecoklatanflek darah
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil