Hamil muda usia 6 minggu, badan meriang, mual dan nafsu makan tergantung mood. Apakah masih normal?

L Info Penanya: L, Wanita, 2019 Tahun
"Dokter saya mau bertanya, ini kan saya sedang hamil dok usia 6 minggu,, belakangan ini suhu badan sering ngga tentu, cuma mriyang sih dok,, nanti normal selang berapa hari mriyang lagi,,terus di awal awal kehamilan saya jarang sekali mual dok, paling klw pas kecapean aja, tapi belakangan ini sering mual, pusing, mriyang dok, apakah itu normal dok bagi ibu hamil? nafsu makan juga tergantung mood, mkanan yang baik pengganti nasi apa ya dok,,trimakasih,,
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, L

Terima kasih atas pertanyaannya.

Selamat ya atas kehamilannya. Semua gejala yang anda jabarkan masuk kategori normal sebagai tanda awal dari kehamilan. Jadi saat anda hamil terjadi banyak perubahan. Dari sisi hormon, anda akan dibanjiri oleh hormon estrogen sehingga terjadi perubahan keseimbangan hormon anda. Dan hal ini berkontribusi terhadap mual anda. Terutama di pagi hari. Perubahan mood (mood swing) juga akibat perubahan keseimbangan hormon ini.

Sebelum anda hamil, salah satu tanda anda sedang ovulasi atau subur adalah anda merasa hot karena memang suhu tubuh dasar anda meningkat. Setelah kehamilan suhu basal tubuh akan tetap bertahan tinggi karena efek hormonal serta metabolisme anda yang sedang kencang mempersiapkan kondisi tubuh untuk kehamilan anda.

Semua akan berlalu setelah anda beradaptasi dengan perubahan-perubahan pada awal kehamilan. Makanan pengganti nasi harus yang tinggi karbohidrat juga misalnya gandum, pisang atau apel. Selain karbo nasi juga banyak mengandung mineral dan vitamin yang essential untuk tubuh anda selama kehamilan. Jadi sebaiknya tetap makan nasi walaupun porsinya dikurangi. Semoga bermanfaat.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Hamil 8 minggu membawa perubahan pada diri ibu, salah satunya terjadi kenaikan berat badan

Hamil 8 Minggu, Bagaimana Perkembangan dan Perubahan yang Terjadi?

Ketika hamil 8 minggu, janin yang ada dalam kandungan mengalami berbagai perkembangan. Bahkan terjadi pula beberapa perubahan pada ibu sebagai efek dari kehamilan yang sedang dijalaninya.