24 Dec 2020, 21:07Kandungan

Kapan kantong janin terlihat saat pemeriksaan USG ?

OK
Info Penanya: OK0
selamt malat dok.. sy dan istri sy usg kmren dok trs baru ada kantong janin y. krena seblm y sy hawatir ter jadi flek kata u
397 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat malam, O.Selamat atas kehamilan Istri Anda. Kehamilan memang sesuatu yang istimewa, terlebih kehamilan pertama, dimana kehadiran seorang Anak sangat dinanti. Hadirnya seorang buah hati menjadi pelengkap kehidupan rumah tangga. Kehamilan harus dijaga termasuk dengan makan makanan bergizi, istirahat yang cukup, serta selalu memantau perkembangan janin melalui pemeriksaan USG. Pemeriksaan USG ini dapat dilakukan melalui perut ataupun vagina jika kehamilan masih terlalu kecil.

Kapan kantong janin terlihat saat pemeriksaan USG ?

Kantung kehamilan akan segera terbentuk saat usia kehamilan menginjak 4 hingga 5 minggu. Kantung kehamilan ini juga harus dievaluasi untuk melihat apakah janin berkembang atau tidak. Karena ada beberapa wanita yang mengalami janin tidak berkembang yaitu pada blighted ovum (kehamilan BO). Flek yang berkepanjangan dapat menyebabkan keguguran pada janin. Untuk itu, saat terjadi flek, baik karena proses implantasi janin maupun ancaman keguguran (abortus imminens), Ibu hamil harus istirahat secara total, hindari berhubungan seksual selama flek, dan jangan mengangkat beban berat terlebih dahulu.

Manfaat USG untuk kehamilan

Ibu hamil juga sebaiknya melakukan USG minimal 1 kali saat trimester pertama dan kedua, 2 kali USG saat trimester ketiga. Selain untuk melihat perkembangan janin, USG juga dapat menentukan tafsiran persalinaan, jenis kelamin janin, perkembangan otak, tengkorak, dan tulang belakang, jumlah air ketuban, serta untuk mendengar detak jantung janin. Jangan lupa pula Ibu hamil harus selalu mengkonsumsi makanan bergizi, vitamin kehamilan, termasuk zat besi, vitamin C,asam folat, kalsium, dan vitamin E. Lakukan senam hamil secara rutin.Jika flek diikuti rasa nyeri perut yang hebat, dan disertai keluarnya jaringan janin, maka segera ke dokter kandungan untuk pemeriksaan dan penatalaksanaan lebih lanjut.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
menjaga kehamilankeguguranusg
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil