Hamil lagi setelah keguguran? Apa tipsnya?

AM Info Penanya: AM, Wanita, 25 Tahun
Selamat siang Dokter Ingin bertanya, tentang kehamilan setelah keguguran. Sebelumnya saya hamil muda usia kandungan pada saat diperiksa sekitar 6 minggu namun pada tanggal 20 saya mengalami pendarahan dan esok hari dilakukan pemeriksaan ke dokter kandungan dan ternyata kantung bayinya sudah pecah dan harus dikuret, saya lakukan itu pada hari selanjutnya. Berapa lama waktu yang tepat untuk melakukan lagi program kehamilan, dan apa yang harus saya lakukan dengan kondisi kandungan lemah ini? Karena kondisi pekerjaan dari rumah ke kantor perjalanannya cukup jauh. Dan mohon tips agar cepat hamil lagi.Terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Dear Ibu AM,

Sebelumnya kami ikut prihatin dengan kondisi Ibu, semoga kesehatan Ibu cepat pulih dan segera bisa hamil lagi.

Setelah proses keguguran dan pembersihan rahim dari sisa konsepsi (hasil pembuahan) baik dengan cara dikuret maupun secara spontan dengan pemberian obat-obatan, maka rahim dan alat reproduksi wanita lainnya membutuhkan waktu untuk pulih secara sempurna adalah sampai 6 bulan. Selama masa ini sebaiknya Ibu dan suami memakai kondom bila berhubungan badan. Pemulihan Ibu secara psikis adalah bervariasi untuk setiap calon Ibu.

Sebaiknya Ibu tidak perlu cemas dan terlalu stress, karena akan sangat mempengaruhi kesiapan Ibu untuk hamil kembali. Kabar baiknya adalah karena Ibu sebelumnya pernah hamil maka, kondisi kesuburan Ibu dan pasangan sejauh ini adalah baik. Lakukan hubungan badan maksimal 2 kali sampai 3 kali seminggu adalah baik untuk  kehamilan.

Jalani kehidupan dengan hati terbuka, dan pikiran yang positif karena saat - saat ini Ibu sudah siap kembali secara fisik untuk memulai proses kehamilan baru. Jangan lupa untuk mulai melakukan kontrol ke Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan untuk mempersiapkan kehamilan. Sebaiknya dapat dimulai dengan minum suplemen Folic Acid (Asam Folat) untuk mencegah cacat pada calon bayi. Sebelum mengkonsumsi suplemen apapun, sebaiknya konsultasikan dahulu dengan Dokter.

Semoga Ibu segera hamil dan memperoleh momongan yang sehat dan sempurna. Jangan lupa untuk selalu berhati-hati dan menjaga kesehatan Ibu dan anak selama masa kehamilan dan melahirkan. Bila karena tuntutan pekerjaan yang jauh, mintalah obat penguat kandungan dari Dokter, Ibu juga dapat menggunakan korset khusus untuk Ibu hamil yang akan menopang perut dan kandungan selama kehamilan.

 

Salam Sehat

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sebagian pasangan melakukan program hamil agar bisa mendapatkan keturunan secepatnya

Ingin Merencanakan Program Hamil yang Sukses? Ikuti Tips Ini

Mendapatkan anak merupakan salah satu keinginan terbesar bagi setiap pasangan. Sebagian pasangan bahkan melakukan program hamil khusus agar bisa mendapatkan keturunan secepatnya. Ada beberapa hal yang dapat dilakukan agar program kehamilan berjalan sukses.