Kenapa belum hamil lagi?

SU Info Penanya: SU
Dok saya pernah mengalami kehamilan kosong 5 bulan yg lalu.Kmudian dokter memberi saya resep obat asam folat dan susu pndamping program hamil untuk perangsang agar cepat hamil kmbali.Tp stelah 1 bulan sya minum obat itu smpai skrg sya blm juga hamil knpa ya dok ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore SU,

Blighted ovum adalah kehamilan yang terjadi di mana tidak ditemukan janin di dalam kantung kehamilan. Kehamilan ini terjadi akibat sel telur atau sperma yang kualitasnya tidak baik, sehingga terjadi kecacatan pada kromosomnya. Kelainan ini biasanya terdeteksi saat usia kehamilan minggu ke-8 sampai 13.

Perihal kenapa Anda belum hamil lagi, maka tentunya tergantung ada tidaknya pembuahan. Suplemen seperti asam folat, omega 3, susu kehamilan, dll hanya berfungsi untuk menyiapkan agar kualitas sel telur Anda bisa baik, sehingga mengurangi risiko terjadinya kehamilan kosong berulang. Bukan berarti setiap orang yang minum asam folat akan langsung hamil.

Sebaiknya Anda tidak terlalu cepat untuk program hamil kembali, karena rahim juga perlu masa penyembuhan paska keguguran.

Yang dapat Anda dan pasangan lakukan saat ini untuk meningkatkan kesuburan adalah:

  • Banyak makan sayur dan buah.
  • Makan kacang-kacangan seperti kacang almond, kedelai, kacang merah, kacang hijau, kedelai, dll.
  • Jaga berat badan seideal mungkin.
  • Minum air putih yang banyak.
  • Atur pola tidur yang baik.
  • Rutin olahraga.

Lakukan pemeriksaan ke dokter kandungan untuk memastikan kondisi rahim Anda.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

pantau air ketuban selama kehamilan

Perut Membesar Signifikan Saat Hamil, Bisa Jadi Tanda Kelebihan Air Ketuban

Kelebihan air ketuban pada masa kehamilan dapat memengaruhi perkembangan janin dan menyebabkan risiko komplikasi. Meski tidak membahayakan selalu pantau kondisi kehamilan dan air ketuban Anda. Biasanya, kelebihan cairan ketuban terjadi pada trimester kedua kehamilan.