23 Jun 2021, 23:33Kandungan

Riwayat hamil luar kandungan bisakah hamil normal?

AN
Info Penanya: AN, Wanita, 19 Tahun
Selamat malam dok. Saya ingin bertanya tentang kehamilan di luar rahim. Apa itu kehamilan di luar rahim? Apa penyebab kehamilan di luar rahim? Dan bagaimana terjadinya kehamilan di luar rahim? Apabila sudah mengalami kehamilan di luar rahim apakah masih punya peluang untuk memiliki keturunan? Kedua ovarium masih utuh
55 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Pany
(0)
Selamat sore ANHamil di luar kandungan atau disebut juga dengan kehamilan ektopik dalam bahasa medis, merupakan kondisi dimana terjadinya kehamilan tidak didalam rahim. Dalam arti kata bakal janin dapat menempel pada berbagai lokasi disekitar luar rahim.

Penyebab Hamil di Luar Kandungan

Bakal janin dapat berada di saluran telur (tuba fallopi), indung telur (ovarium), leher rahim (serviks) hingga di rongga perut. Penyebab terjadinya kehamilan ektopik hingga kini belum dapat diketahui pasti namun bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Faktor-faktornya adalah:
  • Kelainan bentuk saluran telur 
  • Kelainan genetik
  • Riwayat kehamilan ektopik sebelumnya
  • Gangguan hormonal
  • Infeksi menular seksual
  • Riwayat kontrasepsi pengikatan atau operasi saluran telur
  • Kehamilan dengan IUD di dalam
  • Masalah kesuburan
  • Kebiasaan merokok atau terpapar asap rokok yang sering
Adanya kehamilan ektopik tidaklah dapat dipertahankan untuk mencegah terjadinya kerusakan pada jaringan atau organ yang terkena serta resiko infeksi dan perdarahan. Setelah terjadinya kehamilan ektopik anda tidak perlu khawatir karena masih bisa mendapatkan kehamilan yang normal berikutnya.

Program Kehamilan Setelah Hamil Luar Kandungan

Untuk mengusahakan kehamilan kembali, tidak perlu terburu-buru. Anda perlu memulihkan diri anda terlebih dahulu baik fisik maupun psikis. Anda dapat melakukan program kehamilan paling cepat 3 bulan setelah pengguguran kandungan atau kondisi sudah benar-benar pulih.Lakukan konsultasi terlebih dahulu ke dokter kandungan untuk melakukan program kehamilan untuk mencegah kehamilan ektopik terjadi kembali. Konsumsi makanan bergizi, minum asam folat secara rutin, berolahraga dan menjaga berat badan ideal. Atasi stres dengan baik dan jauhi rokok, minuman beralkohol serta menjaga kebersihan organ intim dengan baik.Semoga bermanfaat Salam sehatdr. Pany 
kehamilanmasalah kehamilankehamilan ektopik
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil