Hamil di usia 18 -19 tahun beresiko

OB Info Penanya: OB, Wanita, 18 Tahun
Hello dok, Saya Ingin Bertanya. Saya Nikah Di usia 18th suami saya 21th, sebelum menikah saya sempat konsultasi di salah satu RS di Yogyakarta. Waktu itu Ditanya Sama Dokter rencana akan akan Punya anak kapan, lalu kami jawab Secepatnya, tetapi Dokter mengajurkan Untuk menunda sampai 4th. Waktu itu kami iyakan, tetapi setelah menikah kami ingin cepat dapat momongan. Jika Hamil di usia 18-19 apakah beresiko dok??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam OB

Terdapat beberapa masalah yang terjadi jika pasangan menikah muda. Usia idela bagi wanita untuk menikah adalah diatas 21 tahun dan laki-laki 25 tahun ke atas. 

Pada wanita permasalahan yang terkait usia menikah yang terlalu muda kurang dari 20 tahun dikaitkan dengan beberapa masalah seperti belum matangnya serviks dan rahim sehingga membawa resiko bebera hal seperti resiko keguguran saat hamil, resiko bayi lahir prematur dan kematian janin dalam rahim, resiko tekanan darah tinggi saat hamil dan belum siapnya mental untuk menjadi ibu membawa pada kejadian depresi pasca melahirkan. Beberapa hal lain yang juga terkait jika nikah terlalu muda adalah resiko ke depan untuk mengalami kanker serviks dan perceraian. 

Sehingga jika telah menikah sebaiknya menunggu sampai usia diatas 21 tahun untuk hamil agar terhindari dari berbagai resiko masalah kehamilan. 

Salam sehat

dr.Zulham Effendy

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pantangan setelah operasi Caesar bagi ibu hamil sangat beragam, salah satunya tidak boleh naik-turun tangga.

Bumil Harus Tahu, Ini 6 Pantangan Setelah Operasi Caesar

Proses pemulihan setelah operasi Caesar bukanlah hal yang bisa disepelekan. Para bumil yang baru akan menjalaninya, sebaiknya memahami pantangan setelah operasi Caesar ini.