Hamil dengan riwayat hepatitis B

SA Info Penanya: SA, Wanita, 23 Tahun
Selamat Siang,Dok, saya memiliki riwayat penyakit Hepatitis B, apakah saya bisa melahirkan normal atau harus dengan jalan sesar (operasi)? Dan apakah saya bisa menyusui setelah melahirkan, Dok? Saya berusiar 24th, usia kehamilan 24 minggu dan rencananya saya ingin melahirkan di Rumah Sakit Bersalin. Mohon bantuan dan informasinya, terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Dear Ibu SA,

Hepatitis B adalah penyakit yang ditularkan oleh virus, dan benar dapat ditularkan dari ibu ke bayi dalam kandungan. Bila benar saat ini masih ada virus hepatitis dalam darah ibu maka sebaiknya dipastikan dulu dengan cara pemeriksaan laboratorium. Dari sini Dokter akan merencanakan kehamilan dan persalinan khusus untuk ibu nantinya, karena bayi yang lahir juga harus segera mendapat penanganan secara khusus.

Apakah boleh dan tidak boleh menyusui bayi nantinya juga akan ditentukan dari hasil pemeriksaan tsb. Kabar baiknya adalah karena usia Ibu yang masih muda maka segala kemungkinan baik akan selalu menyertai Ibu. Jaga kesehatan dan dapatkan cukup makanan bergizi supaya kehamilan tetap sehat dan lancar.

Sebaiknya segera konsultasi dengan Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan di Rumah Sakit Bersalin, supaya segera dapat diperiksa lebih mendalam.

Salam Sehat

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Stunting dapat disebabkan oleh kurangnya asupan nutrisi pada ibu hamil dan anak

Pencegahan Stunting Penting Dilakukan, Ini Caranya

Stunting atau masalah gizi pada anak sangat penting untuk dicegah. Hal itu disebabkan stunting memengaruhi tumbuh kembang anak. Pencegahan stunting dapat dilakukan sejak masa kehamilan dan pemberian asupan nutrisi yang cukup pada anak. Oleh karena itu, stunting dan upaya pencegahannya sangat penting untuk diketahui oleh para wanita yang berencana atau sudah memiliki anak.