08 Oct 2020, 15:31Kandungan

Terlambat haid tapi tidak ada tanda-tanda lainnya, apakah hamil?

SC
Info Penanya: SC0
Hi dok. Mau nanya. Haid terakhir saya itu tgl 31 agustus smp 6 september. Jadwal seharusnya tgl 29 september tp smp skrg blm haid. Tanda2 kehamilan umum amat sangat jarang kecuali kram perut yg biasa muncul. Itupun cm sekali. Apakah saya hamil? Terima kasih atas jawabannya.
285 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat pagi, SC.Tanda-tanda kehamilan terbagi menjadi dua, yaitu tanda pasti dan tidak pasti. Tanda pasti kehamilan hanyalah ketika didapatkan adanya detak jantung janin atau pergerakan janin pada saat USG. Sedangkan tanda-tanda lainnya, termasuk kram perut, mual muntah, menginginkan makanan tertentu, nyeri payudara, dan sebagainya, termasuk ke dalam tanda tidak pasti sehingga tidak wajib dialami oleh semua wanita.Jadi, Anda mungkin saja hamil, terlebih apabila Anda memang mengalami terlambat haid dan ada riwayat hubungan intim sebelumnya. Untuk itu, Anda bisa melakukan testpack untuk deteksi awal secara mandiri. Apabila testpack menampilkan dua garis, segera rencanakan pemeriksaan USG rahim di dokter spesialis kandungan.Periksakan juga apabila hasilnya negatif dan Anda tidak haid tiga bulan berturut-turut, karena keterlambatan haid Anda mungkin disebabkan oleh faktor lainnya, seperti:
  • Penggunaan alat kontrasepsi hormonal
  • Mengonsumsi jenis obat tertentu
  • Over exercised, atau sebaliknya justru malas bergerak
  • Gaya hidup yang tidak sehat
  • Sedang stres, cemas, atau terdiagnosis depresi
  • Memiliki penyakit rahim seperti kista ovarium atau PCOS
Untuk memastikannya, diperlukan pemeriksaan lebih lanjut seperti laboratorium, USG, serta pemeriksaan penunjang lainnya. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
tes kehamilanmerencanakan kehamilantest pack
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil