Berhubungan kemudian menstruasi apakah bisa hamil?

MA Info Penanya: MA
Halo dok, sya mau tanya. Saya telah berhubungan intim dgn istri saya sekitar seminggu sebelum menstruasinya. Setelah itu istri saya menstruasi. Nah bulan selanjutnya kami sama sekali tidak berhubungan lagi namun istri saya tidak menstruasi padahal selama ini menstruasinya selalu rutin tiap bulan tidak ada space. Apakah ada kemungkinan ia hamil dok? Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang MA,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Kehamilan pada prinsipnya bisa terjadi jika ada pembuahan antara sel telur dengan sperma. Setiap wanita akan mengeluarkan sel telur pada masa subur, sekitar 28 hari sekali. Jika mentruasi wanita tersebut adalah normal. Setelah sel telur keluar, maka harus segera di buahi selama kurang lebih 24 jam, jika tidak sel telur tersebut akan mati dan terjadilah menstruasi.

menurut informasi yang Anda berikan, jika Anda berhubungan kemudian istri Anda mentruasi, maka besar kemungkinan tidak terjadi kehamilan. Namun harus di pastikan darah tersebut adalah betul darah menstruasi atau bisa juga flek karena darah implantasi (penempelan sel telur yang telah di buahi ke dinding rahim)

Beberapa tanda perdarahan implantasi :

  • Perdarahan yang lebih sedikit tidak sebanyak darah menstruasi
  • Durasi yang lebih singkat
  • Kram perut yang tidak sesakit saat menstruasi

Jika istri Anda mengalami hal tersebut, dan kemudian terlambat haid. Sebaiknya lakukan testpack untuk memastikannya. Jika Anda membutuhkan infromasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi dokter kandungan.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sayuran untuk ibu hamil yang aman dikonsumsi

Inilah Jenis-jenis Sayuran untuk Ibu Hamil yang Aman Dikonsumsi

Sayuran untuk ibu hamil perlu diperhatikan agar nutrisi ibu dan bayi dapat terpenuhi. Jangan sembarangan, tidak semua jenis sayuran dapat dikonsumsi ibu hamil.