Ejakulasi diluar apa dapat menyebabkan kehamilan?

AN Info Penanya: AN, Pria, 30 Tahun
Selamat malam dok. Jika berhubungan suami istri tetapi penis tidak dimasukan ke dalam vagina. Kemudian suami ber ejakulasi dan sperma tersebut terkena vagina. Apakah dapat menyebabkan kemahilan ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, AN.

 

Kehamilan merupakan proses alamiah yang berawal dari adanya pertemuan antara sperma dan sel telur, dan terjadi pembuhan lalu menghasilkan bakal janin kemudian terjadi penempelan bakal janin pada dinding rahim dan tumbuh didalam rahim hingga proses kelahiran terjadi.

Terkait dengan pertanyaan yang Anda ajukan kehamilan akan terjadi pada dasarnya jika ada pertemuan antara sperma dan sel telur. Namun dalam hal ini jika Anda tidak melakukan hubungan seksual penetrasi penis kedalam vagina seharusnya tidak ada kontak antara cairan ejakulasi dengan sel telur. Namun Anda mengatakan saat berejakulasi pasangan Anda mengejakulasikan didekat vagina hal ini masih dapat memungkinkan untuk terjadinya kehamilan, tetapi jika dipastkan sperma sama sekali tidak ada yang masuk mengalir kedalam vagina kemungkinan kehamilan terjadi tidak ada. 

Apabila mengalami keterlambatan haid nantinya sebaiknya konsultasikan kepada dokter kandungan terlebih dahulu ya. Jika Anda dan pasangan belum menginginkan kehamilan sebaiknya Anda dapat memilih metode kontrasepsi KB untuk mencegah kehamilan. 

Untuk menjaga organ kandungan Anda sebaiknya lakukan hal dibawah ini:

  1. Olahraga teratur, bisa senam, yoga, berenang atau bersepeda.
  2. Makan sayur dan buah diperbanyak.
  3. Minum air putih minimal 2-3 liter/hari.
  4. Tidur yang cukup.
  5. Kelola stres dengan baik.

 

Semoga bermanfaat, 

Salam sehat, 

 

dr.Sri Wulantini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh AN
03 Aug 2020, 16:41
Jika sperma masuk ke dalam vagina kemudian beberapa hari pasangan mengalami menstruasi apakah akan terjadi kehamilan dok ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
06 Aug 2020, 06:50
Selamat pagi, AN.
Apabila telah terjadi menstruasi artinya sel telur tidak berhasil dibuahi, maka kemungkinan kehamilan amat kecil hingga tidak ada. Terkecuali jika perdarahan tersebut bukan merupakan perdarahan haid, melainkan perdarahan implantasi. Untuk memastikannya lakukanlah test pack jika pada siklus selanjutnya terjadi keterlambatan haid melebihi 10 hari.
Salam sehat
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Keputihan yang tidak normal saat hamil muda bisa disebabkan oleh Penyakit Menular Seksual (PMS)

Beragam Faktor Penyebab Keputihan saat Hamil Muda yang Perlu Diwaspadai

Keputihan saat hamil umumnya berwarna bening, encer, dan tidak berbau tajam. Jika keputihan berwarna kuning, berbau busuk, dan disertai gatal, kondisi ini bisa jadi tanda infeksi.