Apakah terlambat haid dan mual pasti hamil?

AN Info Penanya: AN, Wanita, 1 Tahun
Ass..dok saya mau menanyakan apakah saya hamil atau tidak ,terakhir haid saya tanggal 31 mei s/d 4 juni ,haid saya tiap bulan teratur tapi ko bulan skrng saya telat haid ,saya udah coba tespek pribadi tapi hasil nya negatif ,tapi saya terasa perut saya kaya yang kembung kadang suka pinggang terasa pegal ,kadang2 suka mual dan terasa sakit payudara sebelah kanan,suka mendadak pusing ..alangkah baik nya saya periksa ke bidan apa ke dr.kandungan .terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam A

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Siklus haid normal pada seorang wanita adalah 21 hari hingga 35 hari. Siklus haid ini dihitung dari hari pertama Anda haid pada bulan ini sampai dengan hari pertama haid pada periode berikutnya. Terlambatnya siklus haid sering kali dikaitkan dengan adanya kehamilan. Padahal, selain karena kehamilan, terapat beberapa kondisi yang juga dapat menyebabkan siklus ahid menjadi terlambat.

Beberapa hal tersbeut adalah:

Terkait dengan apa yang Anda keluhkan, bila sudah melakukan tes kehamilan dan hasilnya negatif, silahkan lakukan tes kehamilan ulang dengan jeda satu minggu (7 hari) kemudian. Beberapa tindakan yang bisa dilakukan agar siklus haid lancar adalah dengan menghindari stres dan kelelahan, mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang, minum air putih setidaknya 8 gelas perhari untuk mencukupi kebutuhan cairan harian Anda agar tidak dehidrasi, perbanyak konsumsi sayur dan buah-buahan, lakukan olahraga rutin agar badan sehat dna bugar serta lakukan istirahat dengan cukup.

Keluhan pusing, mual, perut kembung, muntah bukan merupakan tanda pasti dari kehamilan. Untuk mengetahui tanda pasti kehamilan,selain dengan tes kehamilan, perlu dilakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan USG kehamilan oleh dokter spesialis kandungan. Untuk itu sebaiknya periksakan diri Anda ke dokter spesialis kandungan terdekat.

Semoga bermanfaat.


Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyebab haid tidak teratur bisa jadi stres

6 Hal Penyebab Haid Tidak Teratur yang Mungkin Terjadi

Stres dan berat badan yang tidak normal adalah beberapa penyebab haid tidak teratur. Padahal, seharusnya seorang wanita mengalami menstruasi sebulan sekali.