Sperma di bibir vagina, apakah bisa membuat hamil?

SU Info Penanya: SU, Pria, 1 Tahun
Dokk saya baru berhubungan intim, klau misalkan sperma ny dikuluarin di luar bibir vagina bisa hamil gk dokk?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, SU.

Sperma adalah sel yang dihasilkan oleh alat reproduksi pria, dimana jika sperma bertemu dengan sel telur maka akan terjadi proses pembuahan. Setelah pembuahan terjadi, dua sel yang telah bersatu akan berkembang dari minggu ke minggu dalam proses kehamilan.

Agar sperma dapat bertemu dengan sel telur, pasangan suami istri perlu melakukan aktivitas seksual. Kemungkinan pertemuan tersebut besar apabila ejakulasi dilakukan di dalam vagina. Sedangkan jika ejakulasi dilakukan di sekitar vagina, kemungkinan hamil tetap ada, tetapi lebih kecil.

Oleh karena itu, jika pasangan Anda nantinya mengalami keterlambatan haid, segera lakukan testpack atau periksakan ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan, ya. Dengan demikian, kehamilan dapat dideteksi sejak dini dan dapat dijaga dengan baik. Cara menjaga kehamilan adalah dengan mengonsumsi makanan bergizi, minum air putih yang cukup, dan menghindari stres sebisa mungkin.

Tetapi, jika Anda menanyakan hal seperti ini karena tidak siap memiliki momongan, sebaiknya gunakan alat kontrasepsi untuk mencegah kehamilan seperti pil atau kondom. Atau, jika belum menikah, sebaiknya hindari aktivitas seksual dan lakukan hal-hal yang lebih bermanfaat dalam masa pacaran. 

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ada berbagai gerakan senam hamil di rumah yang bisa Anda lakukan

Bugarkan Tubuh dengan 7 Gerakan Senam Hamil di Rumah yang Mudah Ini

Senam hamil di rumah bisa menjadi pilihan bila Anda tak ingin mengeluarkan keringat berlebihan. Dari berbagai gerakan senam hamil, ada beberapa gerakan yang dapat meningkatkan kelenturan maupun kekuatan tubuh para calon ibu.