Apa perbedaan darah haid dan implantasi?

IF Info Penanya: IF, Pria, 1 Tahun
dok mau bertanya, saya habis berhubungan intim dengan pasangan saya dan saya lupa apakah terjadi ejakulasi diluar vagina atau belum dan seingat saya tidak mengeluarkan didalam, kemudian pasangan saya selepas berhubungan tgl 29 dan tgl 30 pasangan saya haid apakah ada kemungkinan hamil dan apakah itu menstruasi atau implantasi?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore IF,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Pendarahan implantasi merupakan keluarnya bercak darah dari vagina pada masa awal kehamilan. Pendarahan implantasi umumnya terjadi sekitar 7-14 hari setelah pembuahan atau berhubungan seksual.

Beberapa perbedaan perdarahan implantasi dan menstruasi:

  • Warna
    Darah menstruasi berwarna merah terang atau merah gelap, sedangkan pendarahan implantasi awalnya berwarna sedikit kecokelatan.
  • Jumlah darah
    Darah yang keluar saat pendarahan implantasi biasanya hanya berupa bercak atau sedikit-sedikit. Sedangkan darah menstruasi yang semakin lama justru semakin deras.
  • Kram
    Kram perut yang terjadi saat perdarahan implantasi lebih singkat dibandingkan saat menstruasi.
  • Jeda waktu
    Darah menstruasi yang keluar terus-menerus selama kurang lebih 2-7 hari, pendarahan implantasi memiliki jeda waktu. Contohnya, bercak darah muncul pada pagi hari, kemudian berhenti beberapa saat. Namun, bercak muncul lagi pada malam harinya. Dan perdarahan implantasi berlangsung sekitar 1-3 hari.

Jika Anda mengalami tanda-tanda pendarahan implantasi seperti yang telah dijelaskan di atas, dan Anda terlambat haid cobalah lakukan tes kehamilan dengan testpack. Jika Anda membutuhkan informasi lebih lanjut Anda dapat berkonsultasi dengan dokter kandungan.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Menstruasi yang terlambat bisa jadi tanda awal kehamilan

Terlambat Menstruasi? Bisa Jadi Ciri-Ciri Kehamilan

Bagi perempuan yang sedang menanti kehamilan, beberapa perubahan dalam tubuh pasti jadi momen yang ditunggu-tunggu. Ciri-ciri kehamilan bisa beragam, ini dia yang paling umum terjadi.