Test pack positif tetapi ada darah, hamil atau tidak ?

NF Info Penanya: NF, Wanita, 1 Tahun
Dok saya mau tanya, saya siklus haid'y biasa'y kn 35 hari itu normal kh ? Pada tanggal 5 april saya keluar darah, saya kira itu darah haid karna sudah tanggal'y, tpi cuma keluar sedikir dan tanggal 6 april sudah tidak keluar, terus tanggal 12 april saya TP hasil nya garis 2 tpi yg satu samar sekali, pada tanggal 13 malam saya keluar darah lagi dan sekarang masih keluar darah. Apakah saya hamil atau tidak dok ? Klu tidak kenapa TP hasil'y garis 2 ? Mohon jawaban nya y dok ? Terima kasih ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, NF.

Test pack adalah suatu alat yang dirancang untuk mengetahui kemungkinan kehamilan dengan cara mendeteksi hCG (human chorionic gonadotropin) pada air seni seorang wanita. Pada proses terjadinya kehamilan awal, dimana sel telur yang telah dibuahi menempel pada dinding rahim atau bahkan di luar rahim, hormon hCG dilepaskan oleh tubuh, salah satunya pada air seni. Peningkatannya dapat terjadi dua kali lipat setiap dua sampai tiga hari. Ketika peningkatan hormon diperkirakan sudah cukup signifikan, maka saat itulah waktu yang tepat untuk melakukan test pack.

Waktu yang dinilai paling tepat dalam melakukan test pack adalah ketika Anda sudah mengalami keterlambatan haid. Hal tersebut terjadi karena peningkatan kadar hormon hCG ini membutuhkan waktu kira-kira 7-12 hari setelah terjadinya penempelan (implantasi) sel telur yang telah dibuahi ke dinding rahim.

Terkait dengan keluhan yang Anda alami, terdapat beberapa kemungkinan pada kondisi yang Anda alami, yakni :

1. Benar positif, namaun saat ini ada perdarahan implantasi

2. Positif palsu, yang dapat dipicu oleh berbagai faktor seperti :

  • kehamilan ektopik
  • kehamilan anggur
  • kehamilan kimia, atau kehamilan yang mengalami keguguran sebelum minggu ke-5
  • adanya tumor
  • konsumsi penggunaan obat-obatan tertentu
  • keliru membaca hasil
  • sedang dalam pengobatan kesuburan

Untuk saat ini kemungkinan kehamilan masih belum dapat dipastikan. Jika perdarahan banyak disertai gumpalan, Anda perlu untuk memeriksakan diri ke dokter Kandungan segera, tetapi jika hanya flek, dapat ditunggu minggu depan untuk melakukan test pack ulang agar lebih akurat. 

Untuk semetara, Anda dapat menghindari aktivitas yang berlebih dan memperbanyak istirahat.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kalau mengidam makanan manis, jangan langsung yakin bahwa Anda sedang hamil bayi perempuan.

Ciri-ciri Hamil Anak Perempuan yang Sebenarnya Mitos Belaka

Apakah mungkin ibu hamil bisa memprediksi jenis kelamin anaknya melalui gejala yang dirasakan? Namun, apakah prediksi tersebut akurat? Atau hanya mitos? Berikut ini ciri-ciri hamil bayi perempuan yang sebenarnya mitos belaka.