Tanda-tanda hamil atau tidak?

ZS Info Penanya: ZS, Wanita, 19 Tahun
Saya haid pertama terkahir 20 januari berkahir 28 januari ,saya telat 7 hari tespek 3x hasilnya positif semua.. Dan saya usg hasil nya belum ada apa". Sebaiknya usg pas sudah brp bulan?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, Z.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Telat haid merupakan suatu kondisi gangguan menstruasi yang dimana penyebabnya bemacam-macam. Penyebab haid yang telat yaitu stres, kecapekan, kehamilan, pemakaian KB, dan kondisi medis tertentu seperti PCOS, mioma, dll

Kondisi yang Anda alami ini, memang kemungkinannya adalah Anda hamil. Tapi ketika di USG belum terlihat, kemungkinan kehamilan Anda masih berusia 4-5 minggu. Pada usia kandungan ini, sudah terjadi peningkatan hormon HCG sehingga saat di testpack hasilnya akan positif. Selain, itu embrio (bakal janin) sudah mulai terbentuk walaupun saat di USG belum kelihatan. Biasanya sudah terlihat juga kantung janin saat dilakukan  USG. 

Untuk itu, sebaiknya Anda mencoba kembali melakukan USG sekitar 2-3 minggu lagi ke dokter kandungan. Karena kemungkinan sudah mulai tampak janinnya walaupun masih berupa titik saja saat terlihat di USG. Mulai jaga pola makan Anda, jangan terlalu kecapekan, jangan stres, perbanyak istirahat, dan minum vitamin asam folat untuk perkembangan janin Anda. Jika Anda mengalami mual dan muntah, perut kram, dan muncul flek-flek seperti menstruasi, Anda tidak perlu khawatir karena itu merupakan hal yang normal terjadi pada trimester awal kehamilan. 

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Umumnya, kebutuhan vitamin ibu hamil lebih tinggi dibanding mereka yang sedang tidak menjalani kehamilan.

Berbagai Vitamin Ibu Hamil, Mulai dari Asam Folat Hingga Kalsium

Vitamin ibu hamil tidak boleh dikonsumsi sembarangan. Semua harus sesuai takaran dan seimbang.