Hamil atau tidak?

SY Info Penanya: SY
Dok saya mau tanya, Saya melakukan test kehamilan di rumah dan mendapati hasil garis 2 namun samar, yang membuat saya senang sekaligus bingung, HPHT saya tanggal 26 des 2019 dok, dan test pertama saya kemaren baru tanggal 19 jan, test lagi tanggal 21, dan tanggal 23, dan hasil semakin jelas dok garis 2 yang lebih terang. Menurut Apl yang saya punya usia kehamilan saya 4 minggu. Apakah benar demikian dok, dan apakah benar saya sudah bisa di katakan hamil dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang YS,

Test pack adalah salah satu metode pemeriksaan sederhana untuk deteksi kehamilan, dan hal ini ditentukan oleh hormon kehamilan yang ada di dalam urin. Idealnya test pack dilakukan paling cepat 7 hari setelah terlambat haid, karena bila terlalu cepat maka hasilnya kurang akurat baik akibat hormonnya kurang banyak atau urin yang menguap sehingga tampak seperti garis 2 namun samar.

Paling cepat periksa 1 minggu setelah terlambat haid, bila hasilnya negatif atau 2 garis samar, maka pemeriksaan diulang 1 minggu kemudian untuk memastikannya.

Bila berdasarkan HPHT 26 Desember 2019, maka hari ini tanggal 24 Januari 2020 terhitung usia kehamilannya 4 minggu bila memang benar hamil. Tapi saran saya test pack ulang di tanggal 2 Februari 2020.

Sementara itu perbanyak istirahat, hindari makanan pedas, asam, kopi, soda, perbanyak makan sayur dan buah, jangan begadang.

Lakukan pemeriksaan ke dokter kandungan untuk lebih pastinya setelah test pack ulang.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sembelit saat hamil dapat mengganggu aktivitas Anda

Sembelit saat Hamil Bikin Aktivitas Makin Sulit, Ini Cara Mengatasinya

Sembelit menjadi salah satu gejala dalam kehamilan yang dapat membuat ibu merasa tidak nyaman. Terjadinya sembelit saat hamil dapat disebabkan oleh beberapa hal yang perlu Anda ketahui.