Tidak haid pasca melahirkan bulan ke 6, apakah hamil ?

PH Info Penanya: PH, Wanita, 1 Tahun
Halo DokterSaya baru melahirkan anak ke-2 secara Caesar. Usia anak saya saat ini 6 bln. Selama masa nifas kemaren, darah sangat banyak keluar dan berlangsung selama seminggu. 5 bln setelah melahirkan baru saya datang bulan / menstruasi pertama, dan di bulan ke-6 atau bulan berikutnya saya tidak datang bulan dan telah telat 5 hari. Saya sudah tespek dan hasilnya negatif. Saya memberikan ASI eksklusif kepada anak saya. Apakah saya hamil atau tidak hamil ya dokter?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, P

Tidak haid merupakan salah satu bentuk gangguan siklus haid yang dapat dikeluhkan wanita terkait dengan berbagai faktor penyebab. Umumnya keadaan tersebut berhubungan dengan hormon-hormon pengatur siklus mestruasi, yakni hormon estrogen dan progesteron.

Mengenai keluhan Anda, pada dasarnya setelah masa nifas, secara nomal siklus haid dapat menjadi tidak teratur. Hal tersebut berhubungan dengan keadaan hormon yang dipengaruhi oleh keadaan menyusui. 

Saat menyusui secara eksklusif, akan terjadi peningkatan hormon prolaktin yang kemudian menekan hormon estrogen dan progesteron, sehingga dapat tidak terjadi masa pengeluaran sel telur yang siap dibuahi dari indung telur yang dikenal dengan masa ovulasi. Sedangkan ketika sel telur yang dikeluarkan tersebut tidak dibuahi, maka akan luruh berupa perdarahan. Keadaan tersebutlan yang dikatakan menstruasi. Mekanisme tersebut mengakibatkan Anda tidak mengalami haid dan semakin sering menyusui atau dilakukan secara eksklusif, seorang Ibu akan dapat mengalami keadaan tidak haid yang semakin lama terjadi.

Keadaan yang telah dipaparkan diatas merupakan hal yang wajar terjadi dan umumnya tidaklah berbahaya. Keadaan tersebut bahkan kerap menjadi salah satu metode kontrasepsi alami, karena dengan tidak langsung, dapat menunda siklus haid yang kemudian dapat mencegah kehamilan. Kendati demikian, metode tersebut tidak dapat memberikan jaminan yang tinggi karena Ibu menyusui dapat tetap mengalami ovulasi dan haid bergantung pada keadan hormon setiap individu yang dapat berbeda-beda.

Pada keadaan Anda yang telah melakuakan test pack, jika Anda khawatir, Anda dapat berkonsultasi langsung dengan dokter Spesialis Kandungan.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ. Salam sehat, dr. Rahmita Dewi
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tongue-tie dapat menjadi penyebab bayi tidak mau menyusu

Apakah Tongue-Tie Penyebab Bayi Tidak Mau Menyusui?

Tongue-tie adalah kondisi saat membran tipis di bawah lidah bayi membatasi pergerakan lidah. Ketika seorang bayi mengalami tongue-tie, biasanya bayi tidak mau menyusu, makan, hingga menelan. Untuk mengatasi tongue-tie dengan operasi, sebaiknya lakukan observasi terlebih dahulu.