Telat haid dan rahim membesar, pertanda hamil atau tidak?

PF Info Penanya: PF, Wanita
Dok mau nanya saya udah dua bulan 2kali tes hasil nya negatif terus, bulan ini telat haid udah dua hari,tapi rahim saya membesar. Gimana itu dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, P.

Terimakasih atas pertanyaan Anda. 

Menstruasi merupakan proses keluarnya darah dari vagina yang dialami oleh setiap wanita. Siklus menstruasi seorang wanita normalnya adalah 28 hari. Tetapi, ada juga yang siklus menstruasi 21-35 hari. Itu masih merupakan hal yang wajar. Hal yang tidak wajar jika siklus menstruasi dibawah 21 hari atau diatas 35 hari, maka itu dapat dikatakan sebagai gangguan menstruasi. 

Ada beberapa kondisi yang menyebabkan seorang wanita mengalami keterlambatan menstruasi, yaitu:

  • Stres.
  • Kelelahan fisik.
  • Pola makan yang buruk.
  • Berat badan yang tidak ideal.
  • Kehamilan. 
  • Penggunaan KB.
  • Kondisi medis seperti PCOS, gangguan tiroid, fibroid rahim.

Kondisi yang Anda alami saat ini bisa saja penyebabnya karena adanya masalah medis pada rahim Anda. Bukan pertanda kehamilan. Masalah medis itu berupa penyakit kista ovarium, fibroid rahim, adenomiosis, dll. Untuk memastikannya, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan langsung ke dokter kandungan agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik dan penunjang dengan USG, tes lab darah. Sehingga Anda mendapatkan terapi yang tepat sesuai dengan penyebabnya. 

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pembalut kain memiliki keunggulan dibandingkan pembalut sekali pakai

Pembalut Kain, Alternatif Sehat Kala Datang Bulan

Pembalut kain memiliki keunggulan maupun kelemahan dibanding pembalut sekali pakai. Keunggulan tersebut berupa lebih sehat, ramah lingkungan, dan tahan lebih lama.