Terlambat haid apakah hamil?

ML Info Penanya: ML
Dok siklus haid saya rutin 29 hr tp bulan ini telat 3 hari stelah itu baru haid, apa saya hamil dok kata ibu saya saya ngamandian bulan
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang ML,

Terlambat haid adalah hal yang bisa timbul karena beberapa penyebab seperti gangguan hormonal, stres, kelelahan fisik akibat aktivitas berat, gangguan organ reproduksi, gangguan kesehatan seperti misalnya mengalami sakit, gangguan tiroid, kehamilan, perubahan berat badan yang drastis, dan lainnya.

Apabila terlambat haid dalam 3 hari lalu menstruasi dengan perdarahan normal seperti biasa antara 3-7 hari, maka bisa dikatakan tidak hamil. Kecuali setelah terlambat 3 hari hanya keluar flek saja maka perlu dipastikan dengan pemeriksaan awal menggunakan testpack.

Terlambat haid selama 3 hari sendiri masih lah dalam batas yang wajar dimana normalnya siklus menstruasi adalah 21 hari - 35 hari sekali. Jadi bisa perbaiki keseharian seperti cukup istirahat, kelola stres, batasi aktivitas berat, jaga asupan dan pola makan, dan rutin olahraga agar menstruasi bisa berjalan lancar.

Ngamandian bulan sendiri bisa dikaitkan dengan perdarahan implantasi dimana timbul bercak perdarahan saat sel telur yang dibuahi menempel di rahim. Jadi dalam hal ini jika perdarahan deras seperti menstruasi bisa bukan merupakan perdarahn implantasi. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Test pack untuk mendeteksi kehamilan tidak bisa mendeteksi saat usia kehamilan 1 minggu

Apakah Ciri-CIri Hamil 1 Minggu?

Apakah ada cara ciri-ciri hamil 1 minggu yang bisa dipantau? Umumnya, Anda dan pasangan baru bisa mendeteksi kehamilan seminggu setelah istri telat haid. Simak ciri-ciri hamil 1 minggu selengkapnya dalam artikel berikut ini.