Hamil anak kedua dengan keadaan prolaps

AR Info Penanya: AR
Dokter,Saya sedang hamil anak ke 2 baru 4 bulan usia kandungan nya. Namun saya memiliki masalah yaitu prolaps.Apakah berbahaya jika saya melahirkan nanti ?Apa yg harus saya lakukan demi kelancaran proses persalinan nanti.Terimakasih..
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang AR,

Prolaps adalah kondisi turunnya organ dari tempat yang seharusnya. Ada beberapa jenis prolaps seperti prolaps uteri (turun peranakan), prolaps rectum (keluarnya sebagian dinding rectum dari dubur).

Prolaps uteri adalah kondisi lemahnya otot-otot dasar panggul yang berfungsi untuk menyangga rahim, karena kelemahan ini maka rahim akan bergeser turun ke bawah. Hal ini dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti :

  1. Melahirkan bayi dengan berat besar.
  2. Obesitas.
  3. Sering melakukan aktivitas berat seperti mengangkat beban berat.
  4. Kebiasaan mengejan saat susah buang air besar.
  5. Batuk menahun yang tidak kunjung sembuh.

Pada kondisi ibu hamil yang disertai dengan prolaps uteri, sebaiknya melahirkan dengan cara operasi, karena bila persalinan dilakukan secara spontan hal tersebut akan memperlemah otot-otot dasar panggul dan membahayakan bagi janin.

Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menguatkan otot dasar panggul adalah dengan cara melakukan senam kegel , memakai korset, makan makanan tinggi serat dan banyak minum air putih untuk memperlancar buang air besar, hindari mengangkat barang yang terlalu berat.

Bila keluhan semakin memberat seperti semakin susah buang air besar, susah kencing, merasa seperti ada yang mengganjal di vagina, maka segera konsultasikan ke dokter spesialis kandungan.

Salam sehat,

dr. Vina

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Saat mengalami varises, vena dapat terlihat menonjol atau berliku-liku

Temukan Penyebab Varises dari Faktor-faktor Risikonya

Varises adalah kondisi pembengkakan dan pembesaran pembuluh darah vena, biasanya di kaki dan tungkai. Penyebabnya adalah kurang olahraga, jarang bergerak, kehamilan, dan obesitas.