Hamil 8 bulan, nyeri pada pinggang dan tulang, bagaimana cara mengatasinya?

RT Info Penanya: RT, Wanita, 25 Tahun
Selamat malam , Saya mau menyakan perihal sakit pinggang n tulang pada kemaluan saya, saya sedang hamil 8 bulan , namun sudah 1 Minggu ini jika saya duduk atau tiduran di tempat yg kurang empuk begitu mau bangun tulang ekor, pinggang, tulang kemaluan saya sangat sakit sekali, terkadang sampai tidak kuat menahanya, bagaimana cara mengatasi atau obat apa yg harus saya konsumsi jika sudah tidak kuat lagi menahan
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, RT

Nyeri terutama pada tulang belakang adalah gejala umum pada kehamilan akibat bertambahnya berat badan, perubahan pusat gravitasi tubuh dan efek dari hormon yang melemaskan jaringan sendi daerah panggul.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan seperti melatih postur tubuh yang baik dengan berdiri tegak, tahan dada tetap tinggi, melemaskan bahu ke belakang dan lutut jangan menempel. Saat Anda duduk berikan bantal pada punggung bagian bawah Anda. Gunakan sepatu dengan hak yang rendah (bukan datar) dan hindari sepatu hak tinggi. Bila mengangkat barang, jongkok dulu dan angkat menggunakan kaki. Lebih baik bila Anda meminta tolong. Tidur dengan posisi miring ke satu sisi jangan terlentang, jaga agar satu atau kedua lutut menekuk. Bisa menggunakan bantal diantara kedua lutut, dibawah perut dan di punggung Anda.

Jika nyeri tetap ada konsultasikan dengan Dokter Kandungan Anda untuk mendapatkan terapi anti nyeri yang sesuai dan aman untuk kehamilan.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bayi prematur biasanya tumbuh lebih lambat daripada bayi normal

Kelahiran Prematur: Faktor Penyebab, Gejala, dan Ancaman Bahayanya

Kelahiran prematur adalah proses persalinan yang terjadi saat kandungan memasuki usia 20 minggu dan belum memasuki 37 minggu. Bayi prematur biasanya tumbuh lebih lambat daripada bayi normal