Hamil 6 bulan dengan perut besar dan banyak yang mengatakan bayinya bakal kembar, apakah itu benar dok?

S Info Penanya: S, Pria
Dok istri saya hamil 6 bulan namun seperti besar seperti 9 bulan apakah itu sehat dan banyak yg bilang bayinya bakal kembar apakah itu benar dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, SG

Terima kasih atas pertanyaannya.

Pada kehamilan kembar bukan berarti ukuran rahimnya dua kali lipat dari kehamilan tunggal. Biasanya bayi kembar akan menyesuaikan dengan ukuran rahim sehingga berat badannya tidak sebesar kehamilan tunggal serta beresiko untuk lahir sebelum cukup bulan / prematur. Mengingat usia kehamilan sudah 6 bulan, Anda sudah dapat melakukan pemeriksaan kehamilan secara berkala dengan dokter kandungan. Serta dilakukan pemeriksaan USG untuk melihat kondisi bayi Anda, jenis kelaminnya, apakah tampak ada gangguan anatomis, gangguan air ketuban dan lain-lain. Tentu saja jumlah calon bayi juga dengan mudah bisa terlihat.

Dengan melakukan prenatal care (pemeriksaan sebelum melahirkan) secara teratur, dokter juga akan mengatakan bila pertambahan berat badan ibu terlalu berlebihan sehingga wajib dibatasi asupan kalorinya. Karena resiko tekanan darah tinggi saat kehamilan, preeklampsia (kejang) serta gangguan pembekuan darah juga meningkat bila kelebihan berat badan. Resiko juga untuk diabetes saat kehamilan dan kemungkinan membutuhkan persalinan dengan cara operasi cesar. Resiko untuk bayi bisa lahir prematur atau ada gangguan pada perkembangan bayinya.

Sebaiknya kontrol secara teratur dengan Dokter Kandungan Anda untuk mendapat masukan dan tatalaksana yang perlu dilakukan istri Anda. Seperti berapa target pertambahan berat badannya serta aktivitas apa yang bisa dilakukan selama kehamilan. Saya lampirkan artikel mengenai komplikasi pada kehamilan yang perlu Anda ketahui.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Makanan agar cepat hamil dapat meningkatkan kesuburan

8 Makanan Agar Cepat Hamil

Makanan agar cepat hamil bukan hanya sekedar mitos. Beberapa makanan, seperti hati sapi, buah jeruk, biji bunga matahari, dan sebagainya mampu meningkatkan kesuburan.