Hamil 5 bulan mengalami perdarahan sedikit setelah berhubungan intim

DL Info Penanya: DL, Pria, 24 Tahun
siang dok, kalau seseorang yg sedang hamil 5bln berhubungan intim dengan suaminya trus mengalami pendarahan di bagian intimnya tapi tidak begitu banyak apakah berbahaya atau tidak bagi janin dok??mohon untuk pentunjuknya dan apa yg harus di lakukan dok??trimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang DL,

Pada kehamilan memang wajar bila istri mengalami peningkatan libido, hal tersebut disebabkan peningkatan hormon-hormon wanita saat kehamilan. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika berhubungan intim selama masa kehamilan seperti hindari melakukan penetrasi ke vagina terlalu dalam, perbanyak foreplay untuk memastikan vagina sudah cukup licin ketika penetrasi.

Bila setelah berhubungan intim keluar darah sedikit, namun tidak ada keluhan seperti perut mulas, keluar cairan ketuban, hal tersebut masih wajar (biasanya ini terjadi pada trimester pertama) karena selama kehamilan akan terjadi pembengkakan pada pembuluh darah di rahim, yang sangat mungkin pecah ketika terjadi gesekan saat penetrasi. Namun untuk keamanan ibu serta janin, sebaiknya tetap lakukan konsultasi ke dokter kandungan bila darah keluar semakin banyak atau ada tanda-tanda lain seperti perut mulas, keluar cairan ketuban.

Hal sederhana yang dapat dilakukan di rumah adalah hindari berdiri terlalu lama, perbanyak istirahat, perbanyak konsumsi air putih, dan sementara waktu hindari berhubungan intim.

Berikut saya lampiran artikel tips berhubungan intim yang aman selama kehamilan.

Salam sehat,

dr. Vina

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Mengetahui masa subur adalah salah satu cara cepat hamil yang perlu Anda lakukan

Berbagai Cara agar Cepat Hamil yang Perlu Anda Ketahui

Kehamilan harus direncakan dengan matang. Beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk merencanakan kehamilan, antara lain memahami siklus menstruasi dan masa ovulasi, menerapkan pola hidup sehat, dan frekuensi seks yang cukup.