Hamil 5 bulan, berat badan bayi kurang dari seharusnya. BB saya meningkat, apa yang harus saya lakukan?

NH Info Penanya: NH, Wanita, 24 Tahun
Dok, sy hamil 5 bln, tp bb bayi sy kurang dr seharusnya? Apa yg seharusnya sy lakukan ya dok, dan apa penyebabnya, karena sy merasa sudah makan byk, minum susu, makan kurma, buah, tetapi tetap saja 2 bln terakhir ini selalu hasilnya sama. Padahal bb sy sendiri meningkat
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, NH

Kondisi berat badan bayi yang kurang berkembang disebut IUGR (Intra Uterine Growth Restriction). Kondisi ini bisa terjadi walaupun ibu tetap bertambah beratnya. Apakah ibu sudah konsultasi dengan Dokter Kandungan ibu? Pastikan perkembangannya selalu dalam pengawasan beliau.

Ada beberapa faktor yang berperan, faktor dari ibu seperti diabetes, tekanan darah tinggi, kurang gizi, kurang darah, infeksi, merokok atau penggunaan obat-obatan. Faktor akibat rahim / plasenta seperti aliran darah ke rahim dan plasenta, posisi plasenta dan infeksi di sekitar janin. Kalau faktor janinnya infeksi, hamil kembar atau kelainan genetik. Karena infeksi jadi faktor yang paling sering sebaiknya ibu memeriksakan diri ke Dokter untuk memastikan kondisi ibu dan janin.

Perhatikan gerakan janin apakah sering atau sedikit, stop obat-obat / suplemen yang belum disetujui dokter kandungan. Makanan selain tinggi kalori, nutrisi juga harus lengkap. Karbohidrat, protein dan lemak. Kemudian ibu juga harus istirahat yang cukup, selain tidur di malam hari bisa juga 1-2 jam tidur siang. Hindari polusi dan asap rokok juga.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh NH
11 Oct 2019, 21:19
Sy sudah ke dokter kandungan dok, dan saat diperiksa tidak ada kelainan apapun pada sy maupun kandungan sy. Hanya disarankan minum suplemen dan vitaminny, minum susu, dan makan yg banyak.
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Dokter kandungan akan mengecek kondisi detak jantung bayi untuk mengetahui kondisi kesehatannya

7 Ciri-Ciri Kandungan Kuat, Sudahkah Anda Pantau?

Kuat tidaknya kandungan bahkan bisa dilihat dari ukuran perut sang calon ibu. Janin yang sehat dapat dilihat melalui beberapa indikator, salah satunya melalui pemeriksaan USG.