Hamil 5 bulan, bagaimana gerakan bayinya?

NH Info Penanya: NH, Wanita, 24 Tahun
Dok mau tanya, sy hamil 5 bln, kenapa ya gerakan bayi nya kerasa selalu di bagian bawah perut, sy khawatir terjadi apa2 pada bayi sy.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, NH

Terima kasih atas pertanyaannya.

Apakah ini kehamilan pertama Anda? Kapan terakhir kali Anda memeriksakan diri ke Dokter Obgyn? Biasanya saat pemeriksaan kehamilan akan dilakukan pemeriksaan USG untuk melihat perkembangan bayi Anda.

Jadi apa saja yang terjadi dalam kehamilan usia 5 bulan? Rambut mulai tumbuh di kepala dan terbentuk lanugo suatu lapisan rambut halus di bahu, punggung dan dahi. Fungsinya untuk melindungi bayi dan akan rontok dalam 1 minggu setelah lahir. Kulit bayi dilapisi selaput vernix caseosa suatu zat yang menyerupai keju dan melindungi kulit bayi dari paparan cairan ketuban. Lapisan ini akan hilang sesaat sebelum lahir.

Untuk gerakan bayi, saat ini otot mulai terbentuk dan bayi Anda akan mulai berlatih menggunakannya. Di akhir usia kehamilan 5 bulan maka beratnya akan sekitar 0.25-0.5 kg. Jadi memang belum terasa sekali pada saat bergerak sedikit. Dan baru terasa saat bergerak dengan aktif.

Untuk memastikannya silahkan lakukan pemeriksaan rutin ke Dokter Spesialis Kandungan untuk evaluasi perkembangan bayi Anda.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pada pertengahan kehamilan, bayi akan tidur dan bangun secara teratur

Tahap-tahap Perkembangan Janin Trimester Kedua

Berbagai organ, sistem saraf, dan otot bayi mulai berkembang pada trimester kedua. Pantau dan ketahui perkembangan janin trimester kedua melalui panduan ini!