Hamil 4 bulan, nyeri perut di bagian pusar. Kenapa penyebabnya?

IR Info Penanya: IR, Wanita, 28 Tahun
Assalamualaikum Saya mau tanya dokter saya lagi hamil 4bulan tapi skrng lagi agak sakit di perut bagian puser. Kalo di teken agak sedikit ngilu. Itu knpa ya dok??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, IR

Terima kasih atas pertanyaannya.

Nyeri di daerah pusar sering dialami ibu hamil pada trimester kedua dan ketiga.

Daerah pusar atau umbilikal adalah titik menempelnya plasenta saat kita masih dalam kandungan. Dan tidak terhubung dengan bagian lain dalam rongga perut setelah kita lahir. Jadi kebanyakan nyeri pada pusar tidak berbahaya dan akan hilang setelah bayinya lahir.

Beberapa penyebabnya seperti tekanan dari rahim terutama pada trimester ketiga dan kehamilan semakin besar. Semakin janin bertambah berat badan dan ukurannya maka uterus harus berubah untuk mengakomodasinya. Perubahan dan pergerakan dari rahim menekan ke rongga perut termasuk juga ke daerah pusar. 

Saat trimester kedua, rahim sudah tidak muat di dalam rongga panggul sehingga terletak diantara pusar dan payudara. Pada saat trimester ketiga, rahim berawal dari dibawah tulang iga sampai dengan ke daerah pubis. Kemudian bertambahnya berat badan dan bergesernya organ perut selama kehamilan akan merenggangkan kulit dan otot di sekitar perut. Otot abdomen juga merenggang sehingga jaringan diantara rahim dan pusar juga menipis sehingga lebih sensitif. Bahkan pusar bisa sampai menonjol keluar.

Untuk mengurangi nyeri perut bisa menggunakan kompres hangat atau dingin secara bergantian di daerah yang terasa gatal atau nyeri untuk mengurangi rasa tidak nyaman. Lotion atau salep untuk kulit gatal dan iritasi juga bisa diberikan. Namun bila keluhan tidak berkurang dan kulit tampak merah dan meradang maka sebaiknya Anda konsultasi langsung dengan dokter kandungan Anda.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Keputihan bisa menandakan bahwa akan menstruasi atau mengawali kehamilan

Ini Bedanya Keputihan Tanda Hamil dan Keputihan Haid

Keputihan terjadi bukan hanya menjelang menstruasi, tapi juga kehamilan. Meskipun keduanya termasuk dalam golongan keputihan, namun terdapat karakteristik yang berbeda dari kondisi ini. Kenali 3 tanda ini agar Anda bisa membedakannya.