13 Mar 2021, 12:30Kandungan

Hamil 39 minggu bayi belum masuk panggul apakah bahaya?

YP
Info Penanya: YP0
dokter, istri sya hamil 39 minggu tapi bayi belum masuk panggul, apakah bisa lahir normal dan bagaimana cara agar bayi bisa masuk panggul?
267 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Evelin Kwandang
(0)
Halo Y,
Umumnya janin akan masuk ke panggul pada di usia kehamilan 36 minggu. Namun jika hingga usia kehamilan 39 minggu janin belum masuk ke panggul, hal ini merupakan hal yang tidak wajar dan dapat disebabkan karena adanya kelainan CPD atau disebut juga Cephalo Pelvic Disproportion. Kelainan ini terjadi karena panggul itu yang terlalu sempit atau ukuran kepala janin yang terlalu besar sehingga janin tidak dapat turun ke dalam panggul.
Hal ini juga dapat terjadi pada ibu yang diabetes dan menyebabkan ukuran bayi menjadi lebih besar dari normal yaitu lebih besar dari 4Kg, atau adanya kelainan pada plasenta seperti lepak plasenta menutupi jalan lahir atau ukuran tali pusat lebih pendek dari ukuran yang seharusnya. Pada ibu yang mengalami kelainan CPD, tidak disarankan untuk melakukan persalinan normal. Namun ibu dapat mengkonsultasikannya kembali ke dokter kandungan yang merawat ibu selama hamil, apakah penyebab pasti dari kelainan yang ibu alami. Dokter mungkin akan melakukan pemeriksaan dalam, dan juga memeriksa menggunakan USG untuk memperlihatkan letak kelainan yang terjadi.
Salam sehat
dr.Evelin Kwandang
kesehatan kandunganpersiapan kelahiranmasalah kehamilan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil