Hamil 28 minggu, tersetrum listrik sampai tangan ada luka bakar. Apakah ada masalah ke bayi di kandungan?

AN* Info Penanya: AN*, Pria, 2019 Tahun
Dokter saya ingin bertanya, istri saya hamil 28 mingguan, kemarin malam dia habis tersetrum listrik waktu mau mengecas hp karna ada kabel yg mengelupas, sampai tangan.a ada luka bakar.a tapi kecil .Apakah tidak apa" pada kandungan istri saya ?Mohon di jawab dokter ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, M

Terima kasih atas pertanyaannya.

Tersetrum listrik walaupun aliran rendah dan hanya sesaat bisa mempengaruhi janin yang masih rentan. Sebaiknya dievaluasi dengan Dokter Spesialis Kandungan untuk pemeriksaan USG janin. Resiko pada bayi termasuk gangguan irama jantung, pertumbuhan terganggu dalam kandungan (IUGR), gangguan air ketuban sampai dengan keguguran dan kematian. Penyebabnya karena perubahan pada jantung, perdarahan pada otak, ginjal dan hati. 

Aktivitas jantung terpengaruh oleh aliran listrik dalam tubuh bila ada aliran tambahan dari luar bisa menganggu irama jantungnya. Untungnya adaptor HP biasanya memiliki voltase dan watt yang rendah sehingga kemungkinan aliran listrik yang ke bayi tidak terlalu signifikan. Dan bila tersetrum hanya sesaat sehingga tidak sampai mempengaruhi irama jantung ibu dan bayi. Walaupun kemungkinan tidak ada pengaruh jangka pendek atau jangka panjang, tetap saja sebaiknya dilakukan pemeriksaan oleh Dokter Obgyn langganan Anda.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kalau mengidam makanan manis, jangan langsung yakin bahwa Anda sedang hamil bayi perempuan.

Ciri-ciri Hamil Anak Perempuan yang Sebenarnya Mitos Belaka

Apakah mungkin ibu hamil bisa memprediksi jenis kelamin anaknya melalui gejala yang dirasakan? Namun, apakah prediksi tersebut akurat? Atau hanya mitos? Berikut ini ciri-ciri hamil bayi perempuan yang sebenarnya mitos belaka.